Viral Video Kepadatan di Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 24/04/2019, 10:03 WIB
Kepadatan pendaki di Gunung Merbabu. Dokumentasi pribadi Ryan HidayatKepadatan pendaki di Gunung Merbabu.

BOYOLALI, KOMPAS.com - Sebuah video yang beredar di media sosial memperlihatkan jalur pendakian Gunung Merbabu melalui jalur Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah penuh sesak oleh para pendaki. 

Dari postingan video melalui akun @riaaanpostman, tampak antrian para pendaki mengular hingga puluhan meter.

Hal itu membuat pergerakan pendaki saat turun dan naik gunung nyaris terhenti.


Plh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Johan Setiawan saat dikonfirmasi mengatakan, pada Sabtu dan Minggu pekan lalu, jumlah pendaki melalui jalur Selo meningkat dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Hal tersebut karena terdapat dua event besar yang bersamaan di kawasan tersebut. Sehingga membuat kepadatan di jalur pendakian via Selo.

"Iya, memang Sabtu, Minggu kemarin ada dua event besar di atas sama-sama dengan jumlah massa yang besar," kata Johan dihubungi Kompas.com via telepon, Rabu (24/4/2019).

Menurut Johan, meningkatnya jumlah pendaki tersebut karena menjelang puasa Ramadhan. Mereka ramai-ramai memanfaatkan waktu sebelum puasa untuk mengadakan kegiatan di sana.

Baca juga: Luncuran Guguran Lava Gunung Karangetang Capai 2.000 Meter

Pada saat terjadi penumpukan pendaki yang naik maupun turun via Selo, Johan mengatakan langsung menerjunkan petugas ke sana untuk mengurai kemacetan.

Johan memperkirakan jumlah pendaki yang naik maupun turun saat itu lebih atas 2.000 orang.

Baca juga: Viral, Gunung Merbabu “Macet” Dipenuhi Para Pendaki

Pihaknya mengimbau para pendaki yang melakukan pendakian Gunung Merbabu untuk tidak mendirikan tenda dalam satu titik. Hal ini dilakukan untuk mengurai penumpukan pendaki.

"Untuk membangun tenda tudak terkonsentrasi atau mengumpul dalam satu titik. Tapi bisa di sabana 1, sabana 2, pos tiga dan pos batu tulis untuk memecah konsentasi massa," ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X