Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Protes Pemindahan Surat Suara, KPU Pastikan TKP Bukan di Jombang

Kompas.com - 22/04/2019, 14:54 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Sebuah video berisi aksi penggerebekan dan protes sejumlah orang atas pemindahan surat suara, beredar di Youtube dan mencatut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang Jawa Timur.

Video dengan durasi 2.59 menit tersebut di upload di channel youtobe oleh seseorang dengan akun TV explore. Video itu diposting dengan judul 1NDIK4SI CUR4NG!!3MAK 3MAK L4BRAK GUD4NG KPU JOMBANG J4TIM!!!.

Dipublikasikan di Youtube pada 19 April 2019, video itu telah dilihat 13.216 kali pada Senin (22/4/2019) pukul 09.53 WIB. Pada saat yang sama, video itu juga disukai sebanyak 626.

Tayangan dalam video menggambarkan suasana protes sejumlah orang atas pemindahan surat suara di sebuah rumah.

Baca juga: Viral, Kuitansi Taruhan Pilpres 1 Unit Mobil Honda CRV Prestige Senilai Rp 500 Juta

 

Oleh pemosting video, ditambahkan caption yang menjelaskan jika kejadian tersebut ada di wilayah Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Tulisan yang terdapat dalam video, yakni:

"Beredar video dari nettizen Jombang ada kejadian pemindahan surat suara dengan cara diam-diam !!"

Pada tayangan berikutnya, narasi lanjutan muncul dengan tulisan, "ke tempat yang bukan tempat nya seharus nya di kumpulkan di kecamatan ini malah ke gudang yang bukan khusus penyimpanan surat suara"

"beruntung relawan sigap langsung geruduk tempat tersebut"

Tangkapan layar video yang mencatut KPU Jombang yang beredar di Youtube.KOMPAS.com/HANDOUT Tangkapan layar video yang mencatut KPU Jombang yang beredar di Youtube.
Hingga pukul 13.00 WIB, video tersebut masih bisa diakses dengan link https://www.youtube.com/watch?v=YCPqHtYzEL8

Menanggapi peredaran video tersebut, KPU Jombang memastikan jika peristiwa itu tidak terjadi di wilayah Kabupaten Jombang.

"Itu (peristiwa dalam video) bukan disini, tidak terjadi di Kabupaten Jombang," kata Ketua KPU Jombang, Muhaimin Sofi, saat dikonfirmasi di kantornya, Senin (22/4/2019).

Baca juga: KPU Jombang Ajak Pemilih Millenial Cerdas Kenali Caleg

Jika video tersebut terdapat tulisan sebagai peristiwa di Jombang, Muhaimin Sofi menyatakan jika informasi tersebut adalah hoaks.

"Pertama dari kondisi gedung atau gudang. Kita tidak memiliki gudang seperti yang ada di video. Tidak ada gudang lantai dua," bebernya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang, Muhaimin Sofi, saat ditemui di kantornya, Senin (22/4/2019). Dia memastikan peristiwa dalam beredar video yang beredar di situs Youtube, tidak terjadi di Jombang Jawa Timur.KOMPAS.com/MOH. SYAFII Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang, Muhaimin Sofi, saat ditemui di kantornya, Senin (22/4/2019). Dia memastikan peristiwa dalam beredar video yang beredar di situs Youtube, tidak terjadi di Jombang Jawa Timur.
Lalu, sebut Muhaimin Sofi, para petugas berseragam dengan tulisan KPU juga bukan bagian dari KPU Jombang.

"Kami tidak ada kenal dengan orang-orang yang ada dalam video. Kami pastikan, itu bukan di Jombang. Kalau dalam video mencatut KPU Jombang, itu hoaks," katanya.

Muhaimin mengatakan, surat suara Pilpres dan Pileg 2019, saat ini masih berada di Kecamatan untuk direkap di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Baca juga: Viral, Video Pria Banting dan Hancurkan TV karena Kesal Prabowo Kalah di Quick Count

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com