Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Gabungan Temukan 19 ABK KM Formosa 12 dalam Keadaan Selamat

Kompas.com - 06/03/2019, 22:26 WIB
Hendrik Yanto Halawa,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.comTim SAR Gabungan menemukan 19 orang anak buah kapal (ABK) KM Formosa-12 yang hilang kontak, dalam keadaan selamat.

"Tim SAR gabungan sudah menemukan mereka dan semuanya dalam keadaan selamat," kata Koordinator Pos SAR Nias, Tonggor Gultom, di Kantor Pos SAR Nias, Rabu (6/3/2019).

Mereka ditemukan, berada di sekitar perairan Pulau Pini, dan langsung dievakuasi oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari Pos SAR Nias, Pos SAR Padang, Kapal Negera Yudistira, Lanal Nias, Satpolair Polres Nias Selatan serta pemerintah setempat dan masyarakat, untuk mendapatkan pertolongan medis dari Puskesmas Pulau Telo.

Baca juga: Ini Nama Awak KM Formosa 12 yang Hilang Kontak di Perairan Pulau Pini

 

Saat ini, ke-19 ABK tersebut sedang dimintai keterangan di Pos Polisi Air di Pulau Telo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Meski sudah ditemukan, kondisi mereka semuanya masih mengalami trauma atas kejadian tersebut, sehingga perlu pemulihan.

Jumlah awak kapal ini dikoreksi dari sebelumnya disebut 20 orang, lantaran 1 orang ABK terlambat tiba saat kapal hendak berangkat.

"Ada 1 orang ABK yang tidak sempat ikut dalam kapal tersebut, bernama Gusti Silitonga, Sehingga hanya ada 19 orang korban keseluruhannya," ungkap Tonggor.

Baca juga: KM Formosa Angkut 20 ABK Hilang Kontak di Perairan Pulau Pini

 

Berdasarkan informasi yang diterima sebelumnya, kapal nelayan tersebut berangkat dari Kota Sibolga, Sabtu siang (2/3/201), untuk melakukan penangkapan ikan.

Pada dini harinya atau sekitar pukul 05.30 WIB, kapal menghadapi cuaca buruk, di mana mereka pada saat itu sudah berada di perairan Pulau Pini,

Dengan ditemukan seluruh ABK kapal tersebut, maka operasi pencarian ditutup Rabu ini, dan seluruh potensi tim SAR gabungan telah kembali ke satuan masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com