Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua KPU Sebutkan Kisi-kisi Materi Debat Pilpres 2019

Kompas.com - 07/01/2019, 18:33 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengatakan, ada empat tema kisi-kisi dalam materi yang akan disampaikan dua pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden di debat perdana pada 17 Januari 2019 mendatang.

Arief menyebutkan, empat materi kisi-kisi yang disampaikan tersebut adalah mulai dari persoalan hukum, isu korupsi dan Hak Asasi Manusia (HAM) serta terorisme. Pada debat nanti, empat tema tersebut akan dibahas oleh para paslon.

"Nanti ada empat tema, isunya mulai dari hukum, isu korupsi dan HAM serta terorisme. Jadi, materi debat itu bukan seperti ulangan, satu tambah satu dua, dua tambah dua empat. Enggak begitu, tapi lebih merangkai dan menjelaskan, ke depan Indonesia bagaimana," kata Arief di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (7/1/2019).

Arief melanjutkan, setiap pasangan calon dikirimkan 20 pertanyaan satu pekan sebelum acara. Seluruh pertanyaan itu disampaikan secara acak.

"Kita tidak tahu yang mana akan ditanya, karena itu nanti akan muncul dari pasangan calon masing-masing, sehingga memang harus dipahami dengan baik materi yang diberikan," ujarnya.

Baca juga: Ketua KPU Sebut Daftar Pertanyaan Debat Pilpres Itu Bukan Bocoran

Rangkaian debat Pilpres 2019 diharapkan bisa berjalan dengan lancar serta positif, sehingga masyarakat dapat menentukan calon pemimpin negara dalam lima tahun ke depan.

"Ini akan jadi referensi para pemilih, sehingga harus dijawab dengan baik dan matang oleh para pasangan calon sesuai dengan visi-misi mereka," jelas dia.

Baca juga: Kisi-kisi Soal Debat Pilpres yang Jadi Polemik...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com