Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung dan Ruang Kuliah FKIP Undar Jombang Terbakar

Kompas.com - 03/12/2018, 21:12 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Khairina

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Salah satu gedung perkantoran dan ruang perkuliahan di Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Jawa Timur, terbakar pada Senin (03/12/2018).

Gedung perkantoran dan ruang perkuliahan yang terbakar yakni gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Pantauan di lokasi, gedung dengan 3 lantai yang terbakar meliputi lantai 2 dan lantai 3.

Baidlowi, saksi mata mengatakan, api tampak muncul pertama kali dari ruang perkantoran. Pada bagian ruang perkantoran tersebut terdapat kantor dekan di lantai 2 gedung FKIP.

"Sekitar jam 6 kurang. Api mulai dari kelihatan dari lantai dua, dari ruang perkantoran sebelah sana (sisi barat gedung)," katanya saat ditemui di lokasi.

Baca juga: Adul Ingin Jadi Pemadam Kebakaran, Ini Respons Presiden Jokowi

Berdasarkan pengamatannya, sebelum kejadian tidak ada aktivitas perkuliahan maupun aktifitas lain di gedung lantai 3 tersebut.

"Tadi kosong, tidak orang. Semoga tidak ada korban jiwa," tambah Baidlowi.

"Pusatnya (asal api) dari lantai dua, terus naik ke atas ke lantai tiga," ujar Fahman Firdaus, mahasiswa semester akhir Undar Jombang.

Mahasiswa yang tinggal di asrama Undar Jombang ini menambahkan, gedung FKIP sudah terlihat sepi sejak sore.

"Kalau malam libur, tidak ada kuliah. Tadi memang sepi," kata Fahman.

Kepala Bagian Operasional Polres Jombang Kompol Kusen Hidayat mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab terbakarnya salah satu gedung di kampus Undar Jombang.

"Kami belum tahu (penyebabnya). Sekarang masih proses pemadaman. Kalau proses pembasahan sudah selesai, kita segera terjunkan tim untuk menyelidiki," katanya saat ditemui di lokasi.

Berdasarkan keterangan Muhammad Lutfi, Wakil Dekan III Fakultas Hukum Undar Jombang, gedung FKIP yang terbakar merupakan gedung perkantoran dan perkuliahan.

Gedung lantai 2 FKIP digunakan untuk perkantoran, termasuk ruang dekan serta sebagian untuk ruang kuliah. Sementara untuk lantai 3, digunakan untuk ruang kuliah.

"Lantai 3 itu untuk ruang kuliah. Kalau lantai 2 ada ruang kantor, ada ruang kuliah," kata Lutfi.

Hingga pukul 19.35 WIB, masih terlihat titik api di lantai 2 dan 3. Sejumlah petugas pemadaman dibantu aparat dari kepolisian tampak berusaha memadamkan api.

Pemadaman dilakukan melalui sisi selatan dan utara gedung dan dibantu dengan beberapa mobil PMK.

Kompas TV Hujan lebat yang mengguyur kawasan Kota Bandung, Jawa Barat sebabkan banjir. Salah satu wilayah yang terdampak banjir adalah kawasan Gempol Sari, Bandung Kulon, Kota Bandung. Ini adalah video amatir yang diambil oleh warga di kawasan Gempol Sari, Kota Bandung. Derasnya hujan menyebabkan kawasan ini banjir. Hujan pun membuat aktifitas warga terganggu. Banyak warga Bandung yang nekad menerobos banjir yang ketinggiannya terus bertambah. Tak hanya kawasan Gempol Sari, kawasan Jalan Pagarsih, Bandung juga terendam banjir. Ruas jalan di kawasan ini terendam banjir dengan ketinggian mencapai 1 meter. Selain menggenangi jalan banjir masuk ke pemukiman warga. Warga dibantu TNI dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung membersihkan sisa sisa banjir dengan alat seadanya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com