Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Asian Games, Polisi di Jawa Barat Dilatih Berbahasa Inggris

Kompas.com - 03/08/2018, 20:11 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Jelang event olahraga internasional Asian Games, polisi di Jawa Barat dilatih berbahasa Inggris. Hal tersebut dilakukan agar para polisi yang berjaga di venue pertandingan bisa berkomunikasi atau memahami bahasa internasional tersebut.  

Hal itu dikatakan Kapolda Jawa Barat, Irjen Agung Budi Maryoto di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/8/2018). Menurut dia, hal ini dilakukan mengingat akan banyak tamu dari negara lain yang akan bertandang untuk berlomba ataupun menonton gelaran acara internasional tersebut.

Dengan begitu, para petugas ini sedikitnya dapat membantu para atlet, staf, pelatih ataupun wisatawan dari negara lain saat menanyakan sesuatu hal seperti alamat kantor polisi, rumah sakit atau pertanyaan lainnya. 

"Jadi untuk conversation iya, semua yang ada di lapangan terutama yang jaga venue dan di hotel. Ya bahasa percakapan yang mudah, misal tanya alamat, di mana kantor polisi, di mana rumah sakit, itu harus bisa jawab," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto.

Baca juga: Pesan WA Terakhir Sopir Taksi Online: Ini TKP-nya, Gw Kejebak Bro...

Dia menambahkan, akan ada sebanyak 10.200 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, dan dinas-dinas terkait seperti Satpol PP, Dishub, dan Dinkes, bakal diterjunkan untuk mengawal jalannya Asian Games. 

Kapolda Jawa Barat juga memastikan keamanan jalannya Asian Games ini di Jawa Barat. Menurutnya kondisi aman dan kondusif akan berdampak positif bagi masyarakat Jawa Barat khususnya Indonesia. 

"Ini merupakan momentum yang baik dalam mempromosikan Indonesia di mata dunia intenasional. Untuk itu mari kita sama-sama jaga kondusifitas dan keamanan saat penyelenggaraan Asian Games," katanya.

Menurut dia, Asian Games ini bakal mengundang banyak wisatawan dari berbagai negara ke Indonesia, dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk aktif memberikan informasi kepada petugas apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan.

Baca juga: Cerita Lengkap Ibu Lurah Pura-pura Mati agar Selamat dari Upaya Pembunuhan

"Mari kita sama-sama menjadi tuan rumah yang ramah menjamin bahwa Asian Games khususnya di Jawa Barat aman," katanya.

Kompas TV Kini, Polda Jawa Barat mengalihkan perhatian pada persiapan antisipasi arus balik lebaran.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com