Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu, KPU Tanjungpinang Pastikan Ada 2 Paslon Wali Kota Mendaftar

Kompas.com - 09/01/2018, 16:07 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Hari kedua pendaftaran bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tanjungpinang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang tampak sepi.

Saat ini, baru pasangan Syahrul - Rahma yang mendaftar dan siap maju di Pilkada Kota Tanjungpinang periode 2018-2023.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang Robby Patria mengatakan, sampai hari kedua ini baru pasangan Syahrul- Rahma (Sabar) yang sudah mendaftar.

Sementara, untuk dua pasangannya lagi, yakni pasangan Lis Darmansyah - Maya Suryanti yang diusung Partai PDI Perjuangan dan beberapa partai pengusung, serta pasangan independen Edy Syafrani- Edi Susanto dijadwalkan mendaftar di hari terakhir pendaftaran, Rabu (10/1/2018).

"Kalau tidak ada perubahan, kedua pasangan itu besok akan melakukan pendaftaran, namun untuk kapan jelas waktunya, kami masih belum tahu," kata Robby, Selasa (9/1/2018).

(Baca juga: Di Tanjungpinang, Partai Perindo dan PSI Resmi Menjadi Peserta Pemilu)

Menurut Robby, saat ini KPU sedang dalam proses puncak tahapan pilkada yaitu proses pendaftaran calon.

Setelah itu baru dilakukan pemeriksaan kesehatan calon pada tanggal 8 - 15 Januari dan penetapan calon yang pada 12 Februari 2018.

"Kemudian calon mulai melakukan kampanye dari 15 Februari sampai 23 Juni 2018," terang Robby.

Muhammad Djuhari, Komisioner KPU Kota Tanjungpinang selaku Divisi Teknis, juga mengingatkan kepada bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang tahun 2018 untuk melengkapi persyaratan pencalonan dan syarat calon.

"Bagi paslon yang akan mendaftar agar memperhatikan syarat pencalonan dan syarat calon ini agar dipenuhi", katanya.

 

Sudah siap

Sementara itu Lis Darmansyah, yang merupakan salah satu calon petahana, kepada Kompas.com mengaku sejauh ini dirinya dan pasangannya sudah siap, dan jika tidak ada halangan besok pagi, Rabu (10/1/2018) dirinya beserta pasangannya dan partai pendukungnya melakukan pendaftaran.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah bernyanyi di sela acara gala dinner di Hotel Comfort Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (15/5/2017) malam.KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah bernyanyi di sela acara gala dinner di Hotel Comfort Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (15/5/2017) malam.

"Namun sebelum mendaftar ke KPU Tanjungpinang, kami akan terlebih dahulu melakukan deklarasi di Asrama Haji Tanjungpinang dan dari sana baru kami menunju ke KPU Tanjungpinang," kata Lis.

Lis mengaku, selain Partai PDI Perjuangan, pihaknya juga mendapatkan dukungan dari partai Hanura, Nasdem, PKPI, Demokrat dan PPP.

"Untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat ini kami sedang bangun komunikasi. Dan setelah melakukan mendaftar besok, baru kami menyusun tim pemenangan yang melibatkan semua partai pengusung dan pendukung," tutup Lis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com