Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Aksi Teror, Polisi Sisir Gereja di Karawang

Kompas.com - 24/12/2017, 16:20 WIB
Farida Farhan

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com - Polres Karawang menyisir sejumlah gereja untuk mengamankan perayaan Natal, Minggu (24/12/2017).  Bedasarkan pantauan Kompas.com, setiap ruang di gereja diperiksa secara detail.

Contohnya seperti di Gereja Kristus Raja di Jalan Parahyangan, Kelurahan Adiarsa Barat, Karawang Barat. Tim penjinak bom (jibom) dari Polda Jabar yang dipimpin Kapolres Karawang AKBP Hendy Febrianto Kurniawan menyisir setiap sudut gereja. Setiap tempat dan sisi ruangan diperiksa seksama.

Hendy mengatakan, personel gabungan dari Polres Karawang dan Kodim 0604 Karawang melakukan sterelisasi gereja untuk menjamin keamanan para jemaah dari aksi terorisme.

"Tim jibom hanya melakukan sterilisasi. Setelah dinyatakan steril, nantinya kami akan menempatkan personel baik dari Polres Karawang manapun Kodim 0604 Karawang," kata Hendy.

Baca juga: Malam Natal, Tak Ada Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Gereja Katedral

Ia mengatakan, nantinya setiap ruangan di gereja atau rumah ibadah akan diperiksa secara detail. Hal ini, katanya, sebagai bentuk tindakan pencegahan.

Sebanyak 1.017 personel gabungan akan mengamankan perayaan natal 2017. Personel gabungan itu terdiri dari anggota Polres Karawang, personel TNI, dan Satpol PP.

"Operasi Lilin merupakan operasi terpusat dan operasi rutin kepolisian dalam rangka mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru," ujarnya.

Baca juga: Masa Berlaku SIM Habis Saat Liburan Natal? Ini Toleransi dari Polisi

Hendy mengatakan, pihaknya sudah memetakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah. Ia juga memerintahkan pasukannya untuk menentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang. 

"Juga meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah, dan tempat-tempat lainnya," katanya.

Kompas TV Salah satu gua Maria yang dikunjungi adalah Talanging Sih di wilayah Tegal Sari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com