Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Hindari "Emak-emak" Menyeberang, Truk Pengangkut Tiner Terguling

Kompas.com - 06/11/2017, 20:21 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebuah truk pengangkut drum berisi cairan tiner mengalami kecelakaan di Jalan Magelang-Yogyakarta, tepatnya di Dusun Japunan, Desa Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sanin (6/11/2017).

Truk berpelat nomor H 1543 NW itu ringsek setelah terguling dan terhenti melintang di tengah jalan, sekitar pukul 12.00 WIB.

Nunung, saksi mata yang juga warga Japunan, mengatakan, truk melaju dari arah Magelang ke Yogyakarta. Namun tepat di depan sebuah warung makan, dia melihat truk hilang kendali lalu terguling.

Selain itu, ia juga melihat ada seorang wanita yang ikut terjatuh bersama sepeda motornya, tidak jauh dari truk tersebut.

"Saya tidak tahu persis, mungkin truk itu menghindari pengendara motor itu. Tahu-tahu truk oleng lalu ngguling, nabrak pembatas jalan," kata Nunung.

Sementara itu, informasi dari anggota Satuan Lalu Lintas Polres Magelang, Ipda Abdillah, di lokasi kejadian, menyebutkan, truk yang dikendarai oleh Djoko Sugiyono, warga Sarirejo Semarang, itu melaju dari arah Magelang menuju Yogyakarta.

Truk melaju di lajur sisi kanan dengan kondisi jalan padat kendaraan. Sampai di lokasi, tiba-tiba ada pengendara sepeda motor yang memotong jalur dari sisi kanan ke kiri.

"Hasil pemeriksaan sementara, diduga ada sepeda motor yang dikendarai seorang wanita paruh baya tiba-tiba menyeberang dengan memotong jalur dari kanan ke kiri. Seketika pengemudi truk kaget langsung banting stir ke kanan," katanya.

Baca juga : Bus Tabrak Truk lalu Terguling di Tol Jagorawi, Satu Penumpang Tewas

Pengemudi truk panik, lalu terguling dan berhenti setelah menabrak pembatas jalan. Truk itu juga menabrak pohon perindang yang ditanam di median jalan sampai tumbang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun pengemudi truk mengalami luka, begitu juga dengan wanita pengendara sepeda motor tersebut.

"Muatan truk berserakan, pengendara sepeda motor terjatuh, kakinya tertimpa drum, namun tidak parah. Sementara, pengemudi juga mengalami luka ringan," ujarnya.

Baca juga : Truk Terguling Tewaskan Seorang Anak, Sopir Ditetapkan Jadi Tersangka

Selain itu, arus lalu lintas di kawasan tersebut juga sempat tersendat selama proses evakuasi yang memakan waktu sekitar 30-45 menit. Sementara para korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Kompas TV Truk Terguling Saat Menghindari Tabrakan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com