Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parasut Terlilit Saat Main Paralayang, Anggota DPRD Jatuh dan Tewas

Kompas.com - 06/10/2017, 14:46 WIB

KOMPAS.com - Syaiful Iqbal Asyofa (40), anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, saat melakukan kegiatan paralayang meninggal dunia di Batu, Jawa Timur, Kamis (5/10/2017) sekitar pukul 16.00 WIB.

Korban terjatuh di kawasan Villa Songgoriti dari ketinggian sekitar 20 meter. Dia terjatuh karena tidak bisa mengendalikan parasut saat mengudara.

Saat berada di ketinggian dan terjadi angin kencang, diduga korban kehilangan kendali sampai tidak bisa mengendalikan parasutnnya.

Kerabat korban, Husain Tarang, mengatakan, karena angin kencang, korban kesulitan mengendalikan parasutnya.

"Parasutnya terlilit dan tidak bisa mengembang dengan sempurna dan terjatuh di pepohonan," kata Husain saat dikonfirmasi, Jumat (6/10/2017).

(Baca juga: Tanpa Parasut, "Stuntman" Ini Terjun dari Ketinggian 8.000 Meter )

Korban mengalami luka pendarahan pada kepala bagian belakang dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Karsa Husada di Batu, Jawa Timur. Korban lalu dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar.

Husein mengatakan, saat lepas landas, korban yang memiliki lisensi untuk melakukan terbang solo itu berhasil mengudara dan tidak membuat kesalahan atau mengalami hambatan apa pun.

"Beliau sudah memiliki izin untuk terbang solo. Saat take off sekitar 10 menit itu tidak ada apa-apa, tapi pas angin kencang mungkin tidak bisa mengendalikan laju dan terlilit parasutnya," kata dia.

Dia menambahkan, korban yang merupakan alumni Universitas Merdeka Malang memang gemar berolahraga Paralayang.

Sementara itu, Ketua Pengelola Paralayang, Bambang Harianto, mengimbau kepada wisatawan agar selalu berhati-hati saat berada di Gunung Banyak.

"Kalau untuk atlet paralayang mereka sudah punya SOP dari FASI. Jadi mereka tahu kapan bisa terbang. Kalau untuk wisatawan seperti imbauan yang sudah terpasang, jangan aktifkan ponsel saat cuaca mendung, jangan berteduh d bawah pohon saat hujan dan angin," kata Bambang.

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Jumat (6/10/2017), dengan judul: Anggota DPRD Muara Enim Meninggal Setelah Parasutnya Terlilit dan Jatuh di Pepohonan

 

Kompas TV E-Volo, sebuah perusahaan asal Jerman tengah mengembangkan taksi udara bernama Volocopter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com