Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Satu Pasangan yang Daftar Pilbup, KPU Kulonprogo Perpanjang Pendaftaran

Kompas.com - 26/09/2016, 22:47 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

KULONPROGO, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo memperpanjang pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati 28 September hingga 30 September 2016. Keputusan ini, karena baru satu pasangan calon yang mendaftar ke KPU Kulonprogo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo secara resmi membuka tahapan pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati mulai tanggal 21 September 2016 hingga 24 September 2016.

Selama tahap tersebut, hanya ada satu bakal pasangan calon yakni Hasto Wardoyo - Sutedja yang secara resmi telah mendaftarkan ke KPU Kulonprogo. Pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan, PKS, PAN, Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

"Sampai dengan ditutupnya pendaftaran pukul 24.00 WIB memang baru satu yang mendaftar ke KPU Kulonprogo," ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulonprogo, Panggih Widodo saat dihubungi, Senin (26/09/2016).

Ia mengatakan, sesuai dengan Pasal 4 Peraturan KPU nomer 14 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dengan satu Pasangan, maka KPU Kulonprogo melaksanakan rapat pleno. Rapat pleno ini dihadiri oleh KPU Kulonprogo, perwakilan KPU DIY dan Panitia pengawas pemilu Kulonprogo.

Berdasarkan rapat pleno, ditetapkan perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon.

Tahapan pendaftaran ini diperpanjang tiga hari mulai 28 September sampai 30 September 2016.

"Di perpanjang Tiga hari dari 28 September sampai 30 September. Sosialisasi pemilihan akan dilaksanakan pada 25 September hingga 27 September 2016," ucapnya.

Menurut dia, KPU Kulonprogo juga telah mengirimkan undangan sosialisasi perpanjangan waktu pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati ke partai-partai. Harapanya, partai yang belum mengusung bisa segera mendaftarkan bakal pasangan calon.

Namun demikian, bila sampai batas waktu pendaftaran berakhir dan tidak ada tambahan bakal pasangan calon, maka KPU Kulonprogo tidak akan memperpanjang lagi. KPU Kulonprogo akan melanjutkan ke tahapan -tahapan Pilkada 2017.

"Harapan kami, partai yang belum mengusung segera mengusung Paslon," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com