Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Baswedan, Syafii Maarif hingga Megawati Hadiri Penobatan Paku Alam X

Kompas.com - 07/01/2016, 09:15 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah menteri dari Kabinet Kerja dan para tokoh hadir dalam acara Jumenengan (Penobatan) Dalem Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X.

Menteri kabinet kerja yang tampak hadir antara lain Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Hadir pula Presiden ke-4 RI Megawati, Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HBX beserta permaisuri GKR Hemas, juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Ketua PP Muhammadiyah Syafii Maarif.

"Dekat dengan rakyat, dia juga di pemerintahan, Saya rasa dia lebih siaplah," kata Syafii soal sosok KBPH Suryodilogo, Kamis (7/1/2016).

Saat ditemui, Syafii mengatakan, Paku Alam X tentu langsung menjadi Wakil Gubernur DIY usai Jumenengan. Dia pun berharap, ke depannya Yogyakarta bisa semakin baik.

"Saya berharap Yogyakarta lebih baik," ucap Syafii.

Syafii memuji kesukarelaan warga yang membantu pelaksanaan Jumenengan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X. Sikap tersebut, lanjutnya, membuktikan bahwa warga Yogyakarta menjunjung tinggi adat dan istiadat, gotong royong dan mencintai kebudayaan.

Sementara itu, Proses Jumenengan Paku Alam X dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Usai penobatan, akan digelar Kirab Ageng pada pukul 14.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com