Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TPS Ini Sediakan "Doorprize" Ayam

Kompas.com - 09/12/2015, 12:26 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com — Ada yang berbeda di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 di Kelurahan Ngilir, Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada pemilihan bupati kali ini.

Di TPS ini, ada doorprize yang disediakan bagi 160 pemilih pertama, mulai dari seekor ayam hingga sendok plastik.

Menurut salah satu petugas di TPS itu, Purwanto, doorprize bagi 160 pemilih pertama ini disediakan untuk memotivasi pemilih agar menggunakan hak pilih dalam pemilihan kepala daerah.

"Doorprize yang kami sediakan berhasil menyedot pemilih ke TPS. Terbukti, mulai TPS dibuka pada pukul 07.00 WIB, pemilih sudah antre di TPS untuk mencoblos," kata Purwanto, Rabu (9/12/2015).

Purwanto menjelaskan, doorprize berasal dari masyarakat setempat, yang ingin pesta demokrasi ini berlangsung sukses. Mereka ada yang memberi barang, ada juga yang menyumbang uang.

Uang dari masyarakat tersebut, tambah Purwanto, dibelikan barang supaya doorprize lebih banyak.

"Ada 160 orang yang dapat kartu undian karena datang pertama. Setelah itu, undian kami buka, nomor disesuaikan dengan nomor doorprize yang tersedia," ujar dia.

Salah satu pemilih di TPS itu, Mushofa, mengaku bersyukur karena mendapat doorprize seekor ayam. Menurut dia, ayam itu akan dipelihara sebagai kenang-kenangan.

"Saya dapat ayam babon (betina). Ayam ini akan saya pelihara biar beranak pinak," kata Mushofa.

Mushofa menambahkan, dia datang ke TPS pada pukul 06.30 WIB. Ia sengaja datang agak pagi karena ingin mengerjakan pekerjaan rumah tangganya.

"Saya tidak tahu kalau ada doorprize. Saya datang pagi, biar kerjaan saya, memasak dan mencuci, bisa selesai sesuai jadwalnya," akunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com