Ini Kebun Bunga "Amaryllis" yang Sedang Jadi Pembicaraan

Kompas.com - 27/11/2015, 20:21 WIB
Warga antusias berfoto di hamparan kebun bunga Amaryllis atau lily di Pathuk, Gunung Kidul yang hanya mekar setahun sekali. TRIBUN JOGJAWarga antusias berfoto di hamparan kebun bunga Amaryllis atau lily di Pathuk, Gunung Kidul yang hanya mekar setahun sekali.
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Ada pemandangan menarik di seputaran jalan raya Gunung Kidul-Yogyakarta, tepatnya di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Di pinggir jalan itu tumbuh hamparan bunga berwarna oranye yang indah dipandang mata. Ada yang menyebut bunga-bunga yang bernama amaryllis itu sebagai bunga lili hujan, bunga bakung, atau bunga bawang.

Beberapa sumber menyebutkan, bunga itu memang tumbuh lebih banyak pada musim hujan dibandingkan pada hari biasa sehingga disebut lili hujan.

Bunga yang umumnya tumbuh pada waktu tertentu menjelang musim hujan itu jadi daya tarik bagi pengendara yang melintas di kawasan itu. 

"Memang saat seperti ini banyak yang berhenti untuk sekadar foto. Pada hari biasa memang tidak ada," kata Fauzi, warga Kepek, Gunung Kidul, saat ditemui beberapa hari lalu.

Sebagian dari pengguna jalan berhenti untuk mengabadikan diri bersama hamparan bunga. Ada yang berfoto sendiri alias selfie, berdua pasangan, atau berkelompok. 

Hasilnya mirip foto di kebun bunga luar negeri, bak di kebun bunga Keukenhof, Belanda, walaupun ini hanya satu jenis bunga. Foto-foto itu pun menyebar luas dan jadi pembicaraan di media sosial, seperti Facebook dan Twitter, ataupun aplikasi chat seperti Whatsapp.

Pada musim penghujan seperti saat ini, keindahan bunga itu juga dimanfaatkan oleh warga setempat untuk menambah penghasilan dengan menjualnya di tepi jalan.

Terlebih lagi, jalur itu jadi jalan utama bagi wisatawan dari luar Gunung Kidul untuk menuju tempat wisata pantai di Gunung Kidul.

Hamparan kebun bunga amaryllis di Patuk ditanam oleh warga bernama Wartini di lahan seluas 2.000 meter persegi. Ia harus menebar bebih 2 ton untuk menciptakan kebun bunga yang indah tersebut. (Baca: Jangan Lewatkan Hamparan Amaryllis yang Cuma Bisa Dinikmati Setahun Sekali)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X