Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Terakhir Sultan Hamengku Buwono IX Wafat

Kompas.com - 03/09/2015, 19:56 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kanjeng Ratu Ayu Nindyokirono, istri terakhir Sri Sultan Hamengku Buwono IX, meninggal dunia di kediamannya di Jakarta, Rabu (2/9/2015) malam.

Almarhumah yang wafat pukul 23.30 WIB langsung dikebumikan di kompleks makam raja-raja Mataram Astono Saptorenggo, Imogiri, Bantul, setelah mendapatkan penghormatan terakhir di Bangsal Manis, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kamis (3/9/2015) siang.

Hadir dalam penghormatan terakhir, Menteri Agraria, Ferry Baldan, kerabat keraton, jajaran satuan kerja perangkat daerah DIY, DPRD DIY, danseluruh abdi dalem.

"Saya mendapatkan kabar almarhumah kritis pukul 21.00 WIB selanjutnya saya ditelepon beliau meninggal pukul 23.30 WIB," kata Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X, seusai melepas jenazah menuju pemakaman.

Menurut Sultan HB X, almarhumah sudah lama tidak berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan lebih banyak beraktivitas di Jakarta.

"Sejak pernikahan anak saya yang kedua, beliau sudah tidak hadir," kata dia.

Adik Sultan, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hadiwinoto mengatakan almarhumah akan dimakamkan satu deret dengan makam empat istri HB IX yakni KRAy Pintoko Purnomo, KRAy Windyaningrum, KRAy Hastungkara, dan KRAy Tjiptomurti.

"Dimakamkan sederet dengan istri-istri HB IX, karena memang sudah disiapkan setelah HB IX meninggal," kata dia.

Menurut Hadiwinoto, almarhumah yang memiliki nama asli Norma Musa itu meninggal karena usianya yang sudah tua.

"Ya karena usianya yang sudah 85 tahun," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com