Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demam Sepulang Umrah, Seorang Jemaah Dirawat di RS

Kompas.com - 09/05/2014, 15:41 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — SU (69), seorang perempuan asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara karena menderita demam, sesak napas, dan batuk sepulang menjalani ibadah umrah. Selama dua hari, SU mendapatkan perawatan di ruang isolasi rumah sakit.

Para dokter masih melakukan diagnosis untuk mengetahui jenis penyakit yang diidap oleh wanita yang pulang umrah sekitar empat hari lalu itu.

"Awalnya memang ditakutkan MERS. Tapi dari pemeriksaan hasil lab, gejalanya, maupun foto rontgen yang kita ambil, kemungkinan bukan (karena) MERS tetapi virus biasa saja," kata Prima Heru Yulianto, Kepala RS Bhayangkara Kediri, Jumat (9/5/2014).

Meski demikian, Prima menambahkan, pihaknya masih akan melakukan observasi selama tiga hari ke depan untuk mengetahui kejelasan penyakitnya. Badrul Munir, selaku dokter yang menangani SU, mengatakan, pasiennya itu mempunyai riwayat sakit asma dan hipertensi.

Oleh karena itu, saat ini yang dilakukan adalah mempelajari hubungan sakit yang diderita dengan riwayat kesehatannya.

"Saat ini, kita duga infeksi pernapasan akut. Untuk mengetahui MERS atau tidak masih membutuhkan pemeriksaan penunjang," kata dokter Badrul.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Nanang Kurniawan mengatakan, menindaklanjuti temuan itu, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur telah melakukan visitasi terhadap SU dan hingga kini masih belum dipastikan jenis sakitnya karena penyakit MERS.

"Jadi hingga hari ini belum dapat disimpulkan sakit MERS," kata Nanang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com