Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Banjir Enggan Dievakuasi, Posko Pengungsian Sepi

Kompas.com - 28/01/2014, 16:09 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis


PEMALANG, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang, Jawa Tengah, mencatat ada tujuh kecamatan yang diterjang banjir akibat luapan Sungai Comal. Ketujuh kecamatan tersebut adalah KecamatanTaman, Pemalang, Petarukan, Comal, Ampel Gading, Bodeh, dan Ulujami.
 
Dalam proses evakuasi, BPBD bersama pihak terkait mengaku mengalami kesulitan mengevakuasi warga karena mereka umumnya tetap bertahan di rumah masing-masing. Warga umumnya memilih mengungsi di rumah saudaranya ketimbang ke posko pengungsian.
 
"Dari ribuan warga yang coba kita ungsikan hanya puluhan yang mau kita evakuasi. Padahal kita sudah menyiapkan dua perahu karet," kata Wismo, Kepala BPBD Pemalang, di lokasi banjir Desa Mojo, Ulujami, Pemalang, Selasa (28/1/2014).
 
BPBD mendata, dari ribuan rumah yang terendam di tujuh kecamatan, paling parah menerjang Desa Mojo, Kecamatan Ulujami. Banjir yang menerjang rumah warga rata-rata dengan ketinggian satu meter.
 
"Banjir yang merendam rumah kini kondisinya mulai surut, kita bersama pihak terkait juga sudah menambal tanggul Sungai Comal yang jebol," tambah Wismo.
 
Wismo menambahkan, untuk sementara BPBD mendirikan tiga posko pengungsian, yaitu di Desa Mojo, Pesantren, dan Limbangan. Di setiap posko pengungsian itu juga disediakan dapur umum dan petugas kesehatan.
 
Salah seorang pengungsi di Desa Mojo, Ulujami, Ratyono (64) mengungkapkan, dirinya akan tetap mengungsi sampai air benar-benar surut. Dirinya mengaku belum mendapat bantuan dari siapapun. Akibat banjir yang menerjang rumahnya.
 
"Kalau ada bantuan ya saya terima. Semoga banjir cepat surut," harapnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com