Salin Artikel

Gerindra Buka Peluang Koalisi Indonesia Maju Berlanjut pada Pilkada Banyumas

Sekretaris DPC Gerindra Banyumas Rachmat Imanda mengatakan, KIM di tingkat nasional menjadi embrio koalisi di tingkat daerah.

"Sampai saat ini KIM akan dilanjutkan sampai tingkat daerah, itu sebagai embrio dalam pikada ini," kata Imanda kepada wartawan, Jumat (24/5/2024).

Apabila kerja sama tersebut terealisasi, KIM yang terdiri atas Partai Gerindra, Golkar, PAN dan Demokrat dapat mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati karena memiliki lebih dari 10 kursi.

Diketahui mengusung calon dalam Pilkada Banyumas minimal memiliki 10 kursi.

Namun demikian, kata Imanda, pihaknya tetap membuka komunikasi dengan parpol di luar KIM. Termasuk dengan PDI-P yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Banyumas.

"Tapi tidak menutup kemungkinan masuknya partai lain. Peluang koalisi dengan semua partai masih terbuka," ujar Imanda.

Imanda menyadari, Gerindra tidak dapat mengusung pasangan calon sendiri karena hanya memiliki 7 kursi.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Banyumas Budiyono mengatakan, sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik di Banyumas antara lain PDI-P, NasDem, PKS, dan PKB.

"Secara resmi belum ada instruksi untuk menguatkan itu. Kami diminta untuk saling silaturahmi dengan semuanya," kata Budiyono.

Seperti diketahui, sejak kemarin Gerindra membuka penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada Banyumas.

Dalam pilkada nanti, Gerindra berencana akan mengusung kadernya sendiri. Hal itu menyusul kemenangan Ketua Dewan Pembina Gerindra, Prabowo Subianto dalam pilpres kemarin.

https://regional.kompas.com/read/2024/05/24/150820878/gerindra-buka-peluang-koalisi-indonesia-maju-berlanjut-pada-pilkada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke