Salin Artikel

Detik-detik Waisak di Candi Borobudur, 866 Personel Gabungan Disiagakan

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebanyak 866 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan prosesi detik-detik Waisak 2568 BE di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (23/5/2024).

Kepala Polresta Magelang, Kombes Mustofa mengatakan, pengamanan Waisak melibatkan Kodim 0705/Magelang, Gegana, Satpol PP, petugas pemadam kebakaran, Dinas Perhubungan, serta kepolisian.

Adapun pengamanan mulai dari kirab Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Sepanjang jalur ini pun ditutup bagi pengguna jalan lain dan dilakukan pengalihan jalur.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya kami laksanakan penutupan. Namun, misal, ada ambulans (lewat) jalur dibuka," ujar Mustofa dalam keterangannya, Kamis.

Prosesi menjelang detik-detik Waisak 2568 BE/2024 diawali dengan kirab dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Kirab yang akan diikuti ribuan umat Buddha dijadwalkan pukul 14.30 WIB.

Koordinator Humas Waisak Nasional, Eric Fernando mengatakan, dalam kirab akan ada sejumlah mobil hias, marching band, sampai simbol-simbol Buddhis seperti relik Buddha, roda dharma, pataka, api dharma, air berkah, dan berbagai sarana puja.

"Setelah rombongan prosesi kirab Waisak tiba di Candi Borobudur akan dilakukan persembahan puja di altar utama. Persembahan puja ini dilakukan sebelum peribadatan detik-detik Waisak yang jatuh 20.52.42 WIB," paparnya dalam keterangan tertulis, Kamis.

https://regional.kompas.com/read/2024/05/23/115535478/detik-detik-waisak-di-candi-borobudur-866-personel-gabungan-disiagakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke