Salin Artikel

Kasus Mayat Dalam Koper di Cikarang, Istri Pembunuh Syok dan Pilih Batalkan Resepsi Pernikahan

Jasad RM sendiri ditemukan dalam koper di wilayah Cikarang, Bekasi pada Kamis (25/4/2024).

Arif Ridwan berprofesi sebagai team audit di sebuah perusahaan yang sama dengan korban.

Ia nekat membunuh RM untuk mengambil uang Rp 43 juta milik perusahaan yang dipegang oleh korban.

Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk biaya resepsi pernikahannya yang akan digelar di rumah mempelai perempuan di Palembang pada Minggu (5/5/2024).

Namun sebelum resepsi digelar, RM ditangkap oleh polisi.

Mengetahui suaminya ditangkap, LS, istri Arif Ridwan syok berat. Hal tersebut dijelaskan M Ali Rahman (64), kakek dari LS.

Ia mengatakan saat ini pihak keluarga masih memberikan pendampingan kepada LS.

"Ini musibah, hingga saat ini keluarga masih berikan suport dan semangat untuk LS. Agar bisa tegar dan tabah menghadapi musibah ini," kata dia, Kamis (2/5/2024).

"Kami nasehati LS. Apalagi umurnya yang masih muda berusia 27 tahun. Kami juga bilang ini mungkin sudah bagian dia. Mungkin ke depan bisa lebih baik lagi. Ambil hikmahnya dibalik kejadian ini," tambah dia.

Ali Rahman juga mengatakan saat ini LS masih enggak bicara terkait perbuatan suaminya.

"Keadaannya hingga saat ini masih syok pak. Seperti istilah kata mulut nya masih terkunci dan tak mau bicara," ungkap M Ali Rahman.

Ia juga menjelaskan LS baru menikah dengan pelaku pada 10 Maret 2024 atau tiga hari setelah sang ibu meninggal.

Selain itu Ali Rahman juga mengatakan bahwa ia sama sekali tak curiga dengan suami cucunya yang ternyata kabur ke rumah LS setelah melakukan pembunuhan.

Ia sendiri mendapatkan informasi tersebut karena menjabat sebagai ketua RT 21.

"Kaget pak yang ditangkap merupakan suami LS, saat itu petugas gabungan hanya sebentar melakukan penangkapan, setelah Arif berhasil ditangkap, petugas langsung membawanya," katanya.

Ali menilai jika sejak awal Arif tak memiliki gelagat aneh saat datang ke Palembang.

"Datang ke Palembang seperti biasanya dan tidak ada masalah, Arif juga seperti biasa," katanya.

Apalagi awalnya polisi datang ke rumahnya menanyakan sosok dengan nama yang berbeda. Sehingga ia mengira pihak kepolisian salah mencari orang.

"Ada pak informasi petugas datang awal menanyakan nama Edison, saya bilang ada, namun ketika saya kasih tahu ternyata salah orang," kata dia.

Selama tiga hari petugas melakukan penyelidikan, Ali tak mengira bahwa yang dicari adalah suami LS hingga akhirnya polisi menanyakan soal rumah nenek dari LS.

"Kemudian petugas kembali datang pak menanyakan no rumah 1055, namun saat itu saya jawab itu merupakan rumah janda yang sudah meninggal yang merupakan nenek LS," kata dia.

"Saat jawab bawa anak cucu bernama LS, baru petugas kepolisian langsung menanyakan anak Arif dan dilakukan pengerebekan," katanya.

Ali juga membenarkan LS sudah melakukan akad nikah dua hari sebelum puasa, yakni sekitar tanggal 10 Maret 2024.

"Kalu untuk akad nikah sudah dilakukan dua hari sebelum puasa kemarin. Ini dilakukan karena bertepatan dengan malam ketiga ibu LS meninggal Dunia, " ungkap Ali.

Rencananya resepsi akan digelar pada Minggu (5/5/2024).

"Namun karena ada musibah ini, suaminya LS yakni Arif melakukan kasus pembunuhan ini, jadi acara resepsi pernikahan itu dibatalkan," ungkap dia.

Resepsi dibatalkan

Arif dan LS rencanya akan menikah di salah satu gedung di kawasan Jalan A Yani, Palembang.

"Kalau akad nikah saya tidak tahu pak kapan. Tapi untuk resepsi akan dilangsungkan Minggu ini, " ungkap LD, pemilik wedding organizer (WO) yang berada di kawasan 7 Ulu, Palembang.

Bahkan LD mengatakan LS dan Arif sudah setahun lalu datang ke merencanakan pernikahannya.

"Mereka datang memakai WO dan sudah melakukan pembayaran sebesar Rp 40 juta ke saya, untuk sewa gedung Rp 18,5 juta dan sisa untuk perlengkapan yang lain seperti baju pengantin dan pelaminan," ungkap dia.

Namun resepsi tersebut kini dibatalkan karena sang suami terlibat pembunuhan.

Ia mengaku sempat ditelepon LS yang mengajaknya untuk bertemu pada Rabu (1/5/2024) sekitar pukul 20.00 WIB.

"Sekitar jam 8 malam saya ditelepon terus oleh LS. Karena sibuk akhirnya sekitar pukul 21.30, LS datang ke rumah," kata dia.

Saat datang ke rumahnya, LS membatalkan resepsinya dan meminta uang dikembalikan.

"Saya pun sempat kaget, ini terpaksa dibatalkan LS karena calon pengantin pria terjerat kasus pembunuhan," ungkapnya.

"AA ini bukan orang sini, pelaku jadi belum kasih keterangan. Kemarin malam informasinya dibawa ke Polda Metro jaya & Polda Jabar," kata dia.

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Kondisi LS Istri Ahmad Arif Syok Suami Bunuh Wanita Dalam Koper di Bekasi, Keluarga: Ini Musibah

https://regional.kompas.com/read/2024/05/03/114100978/kasus-mayat-dalam-koper-di-cikarang-istri-pembunuh-syok-dan-pilih-batalkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke