Salin Artikel

Terjadi Lagi, Rombongan Pengantar Jenazah Cekcok dengan Warga di Makassar

Arogansi rombongan pengantar jenazah itu terjadi di kawasan Fly Over, Jalan A P Pettarani, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulsel, pada Selasa (23/4/2024) siang.

Dari video yang beredar di media sosial, terlihat puluhan orang yang menggunakan kendaraan roda dua berkerumun di tengah kawasan Fly Over sambil menggeber-geber kendaraannya.

Mereka tampak berteriak hingga saling kejar dan membuat panik warga sekitar. Mereka juga membawa tongkat kayu yang dipasangi kain berwarna putih.

Keributan itu sempat terekam kamera amatir pengendara hingga menjadi viral. Keributan itu juga melibatkan antara rombongan pengantar jenazah dan pengendara yang merasa terganggu.

"Iring-iringan pengantar jenazah bentrok dengan warga dan pengguna jalan lain, ini baku pukul lagi," kata pria yang mengabadikan video keributan tersebut.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar Kompol Mamat Rahmat mengatakan, keributan antara warga dan rombongan pengantar jenazah ditengarai kesalahpahaman.

"Pengantar jenazah yang melintas dihalangi pengendara yang dari arah barat. Pengantar jenazah tetap masuk (menerobos)," kata Mamat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa malam.

"Terjadi adu mulut, tapi cepat petugas yang ada di pos lantas melakukan tindakan melancarkan arus lalu lintas," bebernya.

Mamat mengungkapkan, pemicu keributan rombongan pengantar jenazah dan warga biasanya karena suara bising dari knalpot brong yang digeber.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya bakal melakukan razia knalpot brong sebelum rombongan pengantar jenazah berangkat dari rumah duka.

"Kita akan memastikan lokasi rumah duka, dibentuk tim dipimpin oleh Kapolsek untuk melakukan razia sebelum jenazah diberangkatkan," ungkap Mamat.

"Terhadap pengendara roda dua yang menggunakan knalpot brong kita disisihkan (dipisahkan), dan dilakukan tindakan penilangan," sambungnya.

Untuk diketahui, aksi anarkis rombongan atau iring-iringan pengantar jenazah bukan kali ini terjadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Belum lama ini mereka melakukan penganiayaan terhadap seorang pengemudi ojok online (Ojol) di bilangan Jalan A P Pettarani, Kota Makassar, Sulsel, pada Minggu (31/3/2024).

Aksi mereka pun sempat terekam kamera amatir warga hingga menjadi viral di media sosial. Mereka nampak mengerumuni seorang ojol sehingga membuatnya terjatuh ke trotoar jalan.

Selain itu, pada Senin (18/3/2024) seorang anggota Brigade Mobil (Brimob) Polda Sulsel yakni Bripda M Fathul Hidayat juga menjadi korban aksi brutal iring-iringan pengantar jenazah.

Anggota Polri itu dianiaya hingga babak belur oleh sekelompok pemuda yang tengah mengantar jenazah. Saat dianiaya Bripda M Fathul Hidayat hendak berangkat menjalankan tugas.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/23/214924278/terjadi-lagi-rombongan-pengantar-jenazah-cekcok-dengan-warga-di-makassar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke