Salin Artikel

Mengapa Anies Unggul di Aceh, padahal 2019 Jadi Lumbung Suara Prabowo?

Kala itu, berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan calon Prabowo-Sandiaga bisa mendapatkan 85,59 persen suara.

Namun, keadaan berubah pada Pilpres 2024, Prabowo yang kali berpasangan dengan Gibran Rakabuming tidak lagi menjadi peraih suara dominan di Serambi Mekkah. 

Berdasarkan real count KPU hingga Senin (19/2/2024) 21.00 WIB dengan data masuk 68,01 persen, pasangan calon dengan suara terbanyak adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin). 

Pasangan Amin mendapatkan 76,43 persen suara, disusul Prabowo-Gibran dengan 21,29 persen suara, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 2,28 persen suara.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Malikussaleh Kamaruddin Hasan menilai perubahan perilaku pemilih di Aceh pada pemilu kali ini karena Anies Baswedan dianggap lebih mewakili secara agama. 

Keadaan berbeda pada pemilu sebelumnya. Kala itu, justru Prabowo yang dianggap pemilih di Aceh sebagai calon dengan nilai keagamaan lebih baik. 

“Dua pilpres sebelumnya, Aceh adalah lumbung suara Prabowo. Sebanyak 85 persen lebih pemilih memilih Prabowo. Itu karena faktor, dua pasangan calon, di mana Prabowo dinilai lebih baik dan lebih paham agama dibanding Joko Widodo,” kata Kamaruddin saat dihubungi, Senin (19/2/2024). 

Selama kampanye pada Pilpres 2024, juru kampanye Prabowo-Gibran di Aceh juga disebut tidak memperlihatkan dekatnya calon mereka dengan nilai-nilai agama. 

Aspek ini disebut Kamaruddin justru dimaksimalkan oleh calon lain. 

“Harusnya tim Prabowo juga menampilkan narasi agama di Aceh. Dimana, Prabowo juga dekat dengan ulama dan lain sebagainya, lengkap dengan prestasi-prestasinya. Itu tidak muncul sepanjang kampanye di media massa maupun media sosial,” terangnya.

Sisi lain, sambung Kamaruddin, partai pendukung Prabowo di Aceh fokus pemenangan calon anggota legislatif. 

“Sangat sedikit narasi dari partai pengusung yang fokus dan concern untuk mendongkrak suara Prabowo di Aceh. Misalnya, Mualem (Muzakkir Manaf) Ketua Partai Aceh tegas mendukung Prabowo. Harusnya secara aksi nyata itu juga diikuti oleh daerah-daerah, bukan sebatas pernyataan tapi kerja nyata menuju TPS,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/19/223626078/mengapa-anies-unggul-di-aceh-padahal-2019-jadi-lumbung-suara-prabowo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke