Salin Artikel

Banjir Demak, Berikut 3 Jalur Alternatif Semarang-Kudus-Surabaya dan Sebaliknya

Dampaknya jalur lalu lintas pantura Demak ke arah Kudus masih ditutup dan para pengemudi diimbau melintasi jalur alternatif.

Pantauan lokasi pada Minggu (11/2/2024) pukul 17.00 WIB, banjir di pantura Demak memanjang sejauh sekitar 4 kilometer dari Desa Cangkring hingga jembatan Tanggulangin, Kecamatan Karanganyar.

Sebelumnya, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, wilayah Kecamatan Karanganyar masih terendam banjir sehingga arus lalu lintas dialihkan.

"Masalah arus lalu lintas, memang wilayah Karanganyar air masih menggenangi, sehingga harus ada pengalihan," kata Nana kepada awak media saat meninjau jalur alternatif simpang Trengguli, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Sabtu (10/2/2024).

Pertama, rute Semarang - Demak pengendara belok kiri di simpang Trengguli menuju Welahan - Margoyoso - Kudus - Pati.

Pantauan Kompas.com, jalur ini cukup aman dilalui baik kendaraan kecil maupun truk bermuatan berat dari kedua arah.

Alternatif kedua, apabila dari arah Pati terjadi macet di Margoyoso para pengemudi bisa melalui jalur Keling - Jepara - Margoyoso - Welahan - Trengguli - Demak.

Jalur alternatif ketiga, dari Pati menuju Lingkar Utara Purwodadi - Godong - Demak - Lingkar Demak - Tol Semarang Demak.

Pengemudi dari arah Surabaya

Adapun pengemudi dari arah Surabaya - Semarang maupun sebaliknya diimbau tidak melewati Demak. Pengemudi bisa mengambil Tol Solo - Ngawi - Surabaya.

"Bagi masyarakat yang akan mengadakan transportasi, dari Semarang ke Surabaya itu kami harapkan tidak melewati Demak," tuturnya.

Nana berharap, meski Kecamatan Karanganyar masih tergenang banjir roda ekonomi di Jateng tetap berjalan.

"Kita harapkan memang tranportasi ini tetap berjalan," katanya lagi.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/12/053000078/banjir-demak-berikut-3-jalur-alternatif-semarang-kudus-surabaya-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke