Salin Artikel

Beredar Video Caleg PDI-P Bagi-bagi KIP di Kabupaten Semarang, Bawaslu: Tak Ada Pelanggaran

UNGARAN, KOMPAS.com - Beredar di media sosial X (Twitter) unggahan akun @PartaiSocmed terkait kegiatan pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang dilakukan di Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.

Dalam unggahan tersebut ada dua video dengan narasi 0:28 detik dan 0:27 detik.

Narasi yang tertulis 'Satu Lagi Kecurangan di Kandang Banteng!! Pembagian Kartu Indonesia Pintar dibagikan lewat caleg2 PDI-P utk kepentingan pemenangan pemilu, padahal ini program dr pemerintah. Lokasi : Kecamatan Jambu, Kab Semarang, Jawa Tengah. Bupati dr parpol itu sudah 3 periode'.

Video pertama memerlihatkan seseorang yang tengah berdiri dan berbicara di hadapan para tamu. Di belakangnya ada spanduk bergambar Bupati Semarang Ngesti Nugraha. Sementara video kedua, menampakan suasana para tamu undangan di acara tersebut.

Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang Agus Riyanto mengatakan bahwa berdasar laporan yang diterimanya, kegiatan tersebut terjadi Rabu (8/11/2023).

"Jadi kegiatan sosialisasi atau pembagian Program Indonesia Pintar (PIP) tersebut dilakukan sebelum masa kampanye," ujarnya.

Menurut Agus, kegiatan tersebut merupakan acara resmi karena merupakan sosialisasi atas aspirasi dari Ketua DPR RI, Puan Maharani.

"Ya kegiatan resmi karena aspirasi dari Ketua DPR RI. Karena itu tidak ada pelanggaran (kampanye)," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/11/160910978/beredar-video-caleg-pdi-p-bagi-bagi-kip-di-kabupaten-semarang-bawaslu-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke