Salin Artikel

Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Beras di Solo Melimpah Capai 10.400 Ton

SOLO, KOMPAS.com - Perum Bulog Cabang Solo, Jawa Tengah memastikan stok beras di Solo menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) melimpah.

Pimpinan Perum Bulog Cabang Solo Andy Nugroho mengatakan, stok beras yang berada di gudang Perum Bulog Cabang Solo sebanyak 10.400 ton.

Jumlah stok beras tersebut dipastikan aman sampai panen raya pada awal 2024 mendatang.

"Untuk ketersediaan stok beras kita kurang lebih saat ini 10.400 ton. Jadi kita jaga stok beras aman sampai nanti panen awal 2024," kata Andy di Solo, Jawa Tengah, Rabu (6/12/2023).

Andy menambahkan program penyaluran bantuan pangan cadangan masyarakat masih terus berjalan. Program ini berjalan sejak Januari 2023 hingga Desember 2023.

Penyaluran bantuan pangan Desember 2023 dimulai pada hari ini. Bantuan pangan yang disiapkan sekitar 5.400 ton didistribusikan kepada tujuh kabupaten/kota di Soloraya.

"Alokasi (bantuan pangan) Desember ini, hari ini kita mulai di Soloraya penyalurannya," terang Andy.

Andy mengungkap, penyaluran bantuan pangan merupakan langkah menstabilkan pasokan dan harga beras agar tidak mengalami kenaikan.

Pihaknya juga rutin mengadakan kegiatan gerakan pangan murah dan operasi pasar di titik yang langsung menyasar ke masyarakat melalui rekomendasi dinas terkait.

Komoditas yang menjadi sasaran operasi pasar seperti beras, gula dan minyak goreng.

"Kita juga menggelontorkan beras SHP ke pasar-pasar yang terdapat pedagang/pengecer beras. Beras SHP dijual dengan HET maksimal Rp 10.900 perkilogram," kata Andy.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/06/141342278/jelang-natal-dan-tahun-baru-stok-beras-di-solo-melimpah-capai-10400-ton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke