Salin Artikel

Update Kebakaran Hutan Gunung Lawu di Karanganyar: Luas 8 Hektar, Pemadaman Manual

SOLO, KOMPAS.com - Kebakaran hutan Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng) sementara mencapai luas 8 hektar, pada Selasa (3/9/2023).

 

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar Juli Padmi Handayani mengatakan, kebakaran terjadi sejak Sabtu (30/10/2023) sekitar pukul 12.00 WIB.

Kawasan hutan Gunung Lawu yang terbakar terjadi di wilayah Rencana Pengelolaan Hutan (RPH) Nglerak Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Lawu Utara Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Surakarta Petak 63A3 dan petak 63A2, wilayah Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi dan Desa Segorogunung, Kabupaten Karanganyar.

"Yang terbakar, berupa vegetasi rumput alang-alang dan tanaman keras terbakar. Dengan luas lahan terbakar 8 hektar untuk sementara," kata Juli Padmi Handayani, saat dikonfirmasi, pada Selasa (3/9/2023).

 

Dia menjelaskan, berdasarkan pemantauan di Jalur Pendakian Candi Cetho, kobaran api mengarah ke wilayah Pos Babar, Jalur Pendakian Tambak, Berjo, dan Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso.

 

"Tim gabungan sedang berupaya memadamkan secara manual, akan tetapi karena kondisi angin yang cukup besar dan lereng yang terjal menjadi kendala tim gabungan," jelasnya.

Oleh karena itu, pemadaman difokuskan untuk titik api yang bisa terjangkau dan mencegah perambatan api ke petak lain.

 

Personel gabungan yang terlibat yakni BPBD Kabupaten Karanganyar, TNI, Polri, Perhutani, Dinas Pemadam Kebakaran, Relawan PB dan masyarakat, dengan jumlah 44 instansi atau organisasi, dengan jumlah 324 personel

https://regional.kompas.com/read/2023/10/03/154838978/update-kebakaran-hutan-gunung-lawu-di-karanganyar-luas-8-hektar-pemadaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke