Salin Artikel

Waspada Kebakaran, Jalur Pendakian Gunung Slamet di Tegal Ditutup Sementara

Penutupan jalur pendakian sebagai langkah antisipasi kebakaran hutan serta keamanan dan keselamatan para pendaki maupun masyarakat sekitar imbas munculnya fenomena alam El Nino.

Administratur atau Kepala Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat, Haris Setiana, melalui Wakil Adm. Oktavian Dwi Maulana menyebut, penutupan diberlakulan karena sejumlah alasan. 

"Ada sejumlah alasan. Munculnya fenomena alam El Nino, meminimalisir kebakaran, keselamatan pendaki, dan perbaikan jalur," kata Oktavian saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/9/2023).

Pihaknya juga telah memberikan instruksi kepada seluruh Base Camp pos pendakian Gunung Slamet di wilayah kerjanya terkait penutupan tersebut. 

Oktavian mengimbau agar komunitas relawan Gunung Slamet secara aktif membangun komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak. Hal itu agar tercipta sinergi dan saling memantau ketika muncul titik api di sekitar Gunung Slamet.

"Dalam masa penutupan jalur dapat dimanfaatkan oleh pengelola untuk melakukan perbaikan dan penataan kembali rambu- rambu dan tanda penunjuk arah jalur," pungkas Oktavian

https://regional.kompas.com/read/2023/09/13/180128778/waspada-kebakaran-jalur-pendakian-gunung-slamet-di-tegal-ditutup-sementara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke