Salin Artikel

Cak Imin Sebut Perintah Berpasangan dengan Anies Baswedan Sudah Sejak 2021

KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar resmi didukung sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) berpasangan dengan Anies Baswedan.

Deklarasi pencalonan bakal calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar digelar di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

Dalam pidatonya, Muhaimin atau akrab disapa Cak Imin mengungkap bahwa perintah untuk berpasangan dengan Anies Baswedan sudah disebut sejak tahun 2021.

Cak Imin menceritakan saat dirinya dipanggil KH Kholil As'ad anak dari KH Raden As'ad Syamsul Arifin, salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di Situbondo, Jawa Timur.

Pendiri Pondok Pesantren Wali Songo di Situbondo itu memberikan pesan bahwa Muhaimin harus berpasangan dengan Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

"Muhaimin, menurut saya kamu harus berpasangan dengan Anies Baswedan," ujar Cak Imin menirukan pesan KH Kholil As'ad kepada dirinya dikutip dari KompasTV.

Saat itu Cak Imin belum memberikan jawaban apapun, dia tidak menolak namun belum juga menjawab iya.

"Tapi saya masukkan dalam batin saya, sambil jalan saya berbunyi begini 'Lho lho ngga bahaya ta?'" ujar Cak Imin disambut tawa para relawan yang hadir.

Muhaimin akhirnya bersedia menjadi bacawapres berpasangan dengan Anies Baswedan.

Sebagai informasi, deklarasi bacapres dan bacawapres Anies-Muhaimin digelar pada Sabtu, (2/9/2023) pukul 14.00 WIB di Hotel Majapahit, Surabaya.

Surat undangannya ditandatangani oleh Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar dan Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah dan beredar dari aplikasi perpesanan.

Dalam surat undangan itu disebutkan bahwa acara deklarasi akan digelar pada Sabtu siang pukul 14.00 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/02/161756178/cak-imin-sebut-perintah-berpasangan-dengan-anies-baswedan-sudah-sejak-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke