Salin Artikel

Kebakaran di Gunung Andong Magelang Akhirnya Padam Setelah Tiga Hari, Ada 11 Titik Api

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono, mengatakan terdapat 11 titik api dengan skala ringan hingga sedang yang membakar hutan di kawasan tersebut. Api membakar semak-semak dan pepohonan di lereng gunung Andong.

"Lokasinya di Gunung Andong Jogoyasan, Kecamatan Ngablak. Luasnya ada 11 titik yg terpantau," kata Edi saat dikonfirmasi pada Sabth (12/8/2023).

Edi menambahkan, kebakaran bermula saat seorang warga di Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, melihat kepulan asap dari sisi barat lereng Gunung Andong pada Kamis (10/8) sekitar pukul 13.00 WIB.

Kemudian melaporkan kejadian kebakaran tersebut kepada Perhutani yang selanjutnya diteruskan kepada BPBD.

Kemudian pada pukul 15.00 WIB, tim gabungan melaksanakan upaya pemadaman secara manual. Angin kencang dan lereng yang terjal menjadi kendala tim gabungan memadamkan api.

Untuk vegetasi yang terbakar tambah Edi, yaitu rumput alang-alang dan pohon keras. Menurut informasi dari Perhutani dan Polisi hutan, lokasi lahan yang terbakar berada di petak 26 C(luas ±15,10 Ha) dan 27 F-3 (luas ±9.2 Ha) yang merupakan hutan lindung.

"Untuk area yang terbakar masih dalam penghitungan dan identifikasi," kata Edi.

Sedangkan penyebab kebakaran hutan masih dalam penyidikan pihak yang berwajib.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/12/181041378/kebakaran-di-gunung-andong-magelang-akhirnya-padam-setelah-tiga-hari-ada-11

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke