Salin Artikel

Lokasi Penemuan Kerangka Manusia di Kecamatan Keraton Yogyakarta Ternyata Area Perang Sepehi

Kerangka manusia ini ditemukan pada proyek revitalisasi beteng (benteng) Keraton Yogyakarta. 

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi menjelaskan proyek revitalisasi beteng Keraton Yogyakarta ini sudah lama direncanakan. Bahkan kajian revitalisasi beteng ini sudah dilakukan sejak 2015.

“Pemeliharaan kan sudah cukup lama tapi upaya mengutuhkan kembali, kajian baru dilakukan 2015an untuk menguatkan otentisitasnya,” ujar Dian saat ditemui di kompleks kepatihan, Kota Yogyakarta, Selasa (8/8/2023).

Dian menjelaskan revitalisasi beteng Keraton Yogyakarta bertujuan untuk mengembalikan ke bentuk aslinya. Beteng keliling ini bernama Baluarti dan menjadi penanda.

“Makna utama beteng itu yang kemudian tidak tertangkap sebagai penanda kota. Yang kelihatan hanya pojok-pojok penanda itu,” kata dia.

Dia menjelaskan lokasi penemuan kerangka manusia tersebut merupakan bagian dari area beteng. Menurutnya, beteng bagian depan dan belakang terdapat sebuah penyangga atau buffer. 

Dia pun heran dengan adanya temuan kerangka manusia tersebut. 

“Itu benar-benar enggak bisa njelaske e blas (tidak bisa sama sekali menjelaskan). Saya nggak punya atau info apa-apa,” kata dia.

Meski begitu, dia menyebut banyak kemungkinan mengapa di area beteng itu ditemukan kerangka manusia.

“Perang geger sepehi (penyerangan tentara Inggris ke Keraton Yogyakarta) juga di area situ,” pungkasnya.

Sebelumnya, Warga Jalan Suryomentaraman, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta digegerkan dengan temuan diduga tengkorak manusia. Benda yang diduga tengkorak manusia ini ditemukan pada proyek revitalisasi beteng Keraton Yogyakarta, Margi Hinggil.

Ketua RW 14 Kurniawan mengatakan dirinya mengetahui adanya temuan tersebu dari status Whatsapp warganya pada pukul 13.00 WIB.

"Saya koordinasi dengan RT setempat ternyata memang benar ditemukan tengkorak," ujarnya, Senin (7/8/2023).

Menurut dia, tak hanya sekali ini ada penemuan tengkorak manusia. Namun, tetapi di lokasi lainnya juga pernah ditemukan barang yang diduga tulang belulang.

"Ternyata nggak cuma 1 ini, tapi kemarin di utara juga ada tetapi enggak utuh. Kalau ini utuh. Maka Bu RT kontak kelurahan, lalu Pak Babin dan dari koramil datang ke sini," katanya.

Selain tengkorak, dia mengataka ada teman kerangka setengah badan.

"Setengah badan tapi setengahnya lagi masih terpendam. Jadi tadi tukangnya tidak berani melanjutkan karena ditakutkan merusak itu kerangkanya. Diberikan ke inafis," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/09/044900778/lokasi-penemuan-kerangka-manusia-di-kecamatan-keraton-yogyakarta-ternyata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke