Salin Artikel

Jalur Ujian SIM C Berubah, Dinilai Lebih Manusiawi

Seorang pencari SIM C, Mardiyanto mengatakan dirinya pernah mencoba jalur lama sebanyak dua kali. "Saya gagal dua kali, baru setelah latihan beberapa kali berhasil dan bisa memeroleh SIM," ujarnya, Senin (7/8/2023) di Satlantas Polres Salatiga.

"Kalau yang sekarang ini, memang lebih mudah. Untuk tikungan juga lebih lebar jadi saat melewati bisa lebih percaya diri," kata Mardiyanto.

Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari mengatakan meski lintasan ujian praktik diubah, tidak akan mengurangi kemampuan berkendara pencari SIM.

"Syarat berkendara di jalanan ada semua ada di lintasan ini, jalur baru sesuai ketentuan. Jadi kemampuannya tetap dinilai," terangnya.

"Di sini ada titik pengereman pertama, belok kanan dan kiri, garis lurus, halangan termasuk pengereman mendadak. Jadi ini cuma jalurnya yang berubah, untuk kompetensi tetap sama," kata Aryuni.

Aryuni mengatakan, perubahan ruang ujian SIM C karena memertimbangkan keluhan masyarakat mengenai kesulitan saat mengikuti ujian praktik. "Kesulitan utama di jalur zig zag dan angka delapan itu, sekarang diubah," ungkapnya.

Masyarakat yang ingin mencari SIM, lanjutnya, juga bisa latihan terlebih dulu. "Bisa melihat atau ingin mencoba lintasan ini, kita juga ada sosialisasi di media sosial Polres Salatiga," kata Aryuni.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/07/111513878/jalur-ujian-sim-c-berubah-dinilai-lebih-manusiawi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke