Salin Artikel

Evakuasi 8 Penambang Emas Terjebak Air Bawah Tanah di Banyumas, Tim SAR Siapkan Skenario

BANYUMAS, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan masih berupaya mengevakuasi delapan orang yang terjebak air bawah tanah di lokasi penambangan emas, Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kapolresta Banyumas Kombes Edy Suranta Sitepu mengatakan, tim SAR sedang berupaya untuk menyedot air yang menggenangi lubang lokasi penambangan bawah tanah.

"Saat ini sedang melakukan upaya evakuasi korban yang terjebak air di dalam. Kami melakukan upaya penyedotan, prioritas kami untuk menyelamatkan korban," kata Edy di lokasi, Rabu (26/7/2023).

Koordinator Lapangan Basarnas Cilacap Amin Riyanto mengatakan, ada beberapa skenario yang disiapkan tim SAR gabungan untuk mengevakuasi para penambang.

"Kalau tidak berhasil (disedot), akan dilakukan penyelaman," jelas Amin.

Pantauan Kompas.com, pada Rabu sore, beberapa mesin penyedot air telah didatangkan ke lokasi.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 8 orang terjebak di lokasi penambangan emas di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas sejak Selasa (25/7/2023) malam.

Mereka terjebak akibat aliran air yang keluar dari lubang di sebelahnya secara tiba-tiba.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/26/172502178/evakuasi-8-penambang-emas-terjebak-air-bawah-tanah-di-banyumas-tim-sar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke