Salin Artikel

Revitalisasi Keraton Solo Tetap Dimulai dari Alun-alun, Anggarannya dari APBN Sebesar Rp 35 Miliar

Revitalisasi ini, menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), senilai sekitar Rp 35 miliar tahun anggaran 2023-2024.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pelaksanaan pembangunan akan dilakukan akhir September dan awal Oktober 2023.

"Sesuai rencana kita, tinggal menyelesaikan teknisnya. Dari dulu sudah terang, dari dulu sudah pasti. Semua sudah on schedule. Dari pihak sinuwun, Keraton sangat mendukung," kata Gibran Rakabuming Raka, saat di Hotel Novotel, pada Rabu (26/7/2023).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jateng, Kuswara, mengatakan lalang setelah penandatanganan rancang bangun rinci atau Detail Engineering Design (DED) pada Rabu (26/7/2023).

"Jadi dari pertemuan ini, mudah-mudahan bisa segera kita lakukan. Targetnya paling lambat awal Agustus sudah bisa lelang. Mohon doanya, karena ini revitalisasi budaya tentunya tidak mudah. Beda dengan membangun secara konvensional," kata Kuswara.

Dalam DED ini, mencakup desain revitalisasi di Alun-alun Utara dan Selatan serta sekitarnya dengan konsep pedestrian dan terbuka.

Potensi perubahan desain, Kuswara menjelaskan akan menyesuaikan pekerjaan dilapangan nantinya

"Perubahan desain, menyesuaikan dengan kondisi di lapangan dan juga masukan-masukan tim ahli karena Cagar Budaya. Sangat harus hati-hati perubahan desain tapi lebih ke detail-detail lain-lain," paparnya.

"Rencananya tahap awal alun-alun Utara Selatan berbarengan untuk pelaksanaan disesuaikan. Pedagang dan lain-lain, tanggung jawab dari Pemerintah Kota (Pemkot), termasuk perizinan lingkungan dan lalu lintas lebih ke aspek fisik," lanjutnya.

Putra Raja Keraton Solo, SISKS Pakubuwana (PB) XIII Hangabehi, KGPH Purboyo mengatakan kajian budaya sudah dilaksanakan sesuai kajian Keraton Solo.

"Kajian-kajiannya harus lengkap dan jelas dan tidak merubah unsur filosogis. Dikembalikan seperti awal mula seperti itu dengan konsep yang ini. Artinya Keraton juga sangat menerima dan lelang juga akan berjalan secepatnya dan pasti juga kami akan selalu mengikuti arahan mas Wali Kota," kata Purboyo.

"Tentunya, akan membawa dampak positif. Yang mana pasti juga bisa dirasakan oleh Masyarakat Solo," lanjutnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/26/141545878/revitalisasi-keraton-solo-tetap-dimulai-dari-alun-alun-anggarannya-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke