Salin Artikel

Syok Ditahan di Lapas, Kondisi Lina Mukherjee Sempat Drop dan Tak Mau Makan

PALEMBANG, KOMPAS.com - Selebgram Lina Mukherjee yang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Palembang atas kasus konten makan babi sempat syok hingga tak mau makan.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Perempuan Kelas II Palembang Ike Rahmawati, Selasa (11/7/2023).

Ike menjelaskan, Lina ditahan dalam ruangan masa pengenalan lingkungan (Mapenaling) yang berisi tiga orang kasus narkoba.

Manapeling ditempati para tahanan baru selama 14 hari untuk mengenal lingkungan sebelum masuk ke dalam sel wanita.

“Kondisinya sempat drop karena syok, sehingga kemarin sulit untuk makan. Karena ini pertama kalinya yang bersangkutan ditahan,” kata Ike.

Karena tidak mau makan, Lina sempat mengeluhkan sakit ulu hati sehingga diperiksa oleh tim kesehatan.

Saat dilakukan konseling, selebgram itupun akhirnya mau mengkonsumsi makanan serta obat yang diberikan oleh dokter.


“Awalnya yang bersangkutan menangis karena masih syok, tapi setelah diberikan pendampingan dia akhirnya menerima dan sekarang mulai bisa bersosialisasi dengan tahanan lain,” ujarnya.

Meski demikian, sampai saat ini menurutnya Lina masih enggan bertemu dengan orang luar di dalam Lapas. Ia memilih mengenal lingkungan selama menjalani masa tahanan.

“Hanya pengacara yang mau ditemui oleh yang bersangkutan. Sebelum ditahan, LN membawa alat shalat dan Al Quran untuk dibaca. Untuk peralatan mandi dan pakaian, disiapkan dari Lapas,”ungkapnya.

Sementara itu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang resmi melakukan penahanan terhadap Lina Mukherjee yang menjadi tersangka atas konten makan babi.

Lina saat menuju ke mobil tahanan Lapas Perempuan Kelas II Palembang mengaku kapok atas konten makan babi yang membuatnya kini harus mendekam di sel tahanan.

“Kapok ya kapok dong, nggak mau mengulangi lagi,”kata Lina di Kejari Palembang, Senin (10/7/2023).

Selain itu, Lina pun mengaku akan mengikuti proses hukum sampai ke persidangan agar kasus yang menimpanya itu cepat diselesaikan. Sehingga, ia dapat kembali bebas dan menjalani hidup seperti biasa.

“Saya harus menerima ini,”ujarnya sembari tersenyum memasuki mobil tahanan.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/11/193209078/syok-ditahan-di-lapas-kondisi-lina-mukherjee-sempat-drop-dan-tak-mau-makan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke