Salin Artikel

Meski Digabung Jadi Satu, 2 SDN di Semarang Ini Masih Kekurangan Siswa

SEMARANG, KOMPAS.com - SDN Jomblang 03 dan SDN Jomblang 04 Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) masih kekurangan murid meski sudah digabung menjadi satu. 

Kepala SDN Jomblang 03, Nugroho (49) menjelaskan, saat ini SDN Jomblang 04 empat sudah digabung dengan SDN Jomblang 03 karena tidak siswa sejak beberapa tahun lalu. 

"Sekarang kita marger jadi satu SDN Jomblang 04 ditiadakan dan gabung SDN Jomblang 03 termasuk pengajarnya. Karena minim murid," jelasnya saat ditemui di ruang kepala sekolah SDN 03 Jomblang, Senin (26/6/2023). 

Dia menjelaskan, kuota kursi yang disediakan SDN Jomblang 03 untuk siswa baru berjumlah 56 kursi. Namun sampai saat ini yang masuk di SDN Jomblang 03 baru 37 siswa. 

"Kita ada dua kelas yang dibuka. Yang sudah masuk 30 siswa daftar online dan 7 siswa daftar secara online," paparnya. 

Menurutnya, penyebab minimnya siswa yang daftar di SDN Jomblang 03 dikarenakan lokasi sekolah yang berada di tengah-tengah desa. Hal itu membuat akses ke sekolah terbatas. 

"Transportasi ke sini juga susah," ungkap dia.

"Kalau SDN Jomblang 01 juga dekat dengan jalan raya. Jadi akses gampang," imbuh dia. 

Nugroho menegaskan, aktivitas SDN Jomblang 03 akan berjalan seperti sediakala meski masih kekurangan siswa. Menurutnya, kuota siswa baru yang tidak terpenuhi tidak mempengaruhi aktivitas pembelajaran. 

"Kita 17 Juli 2023 sudah mulai pembelajaran seperti sediakala," ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/26/174944678/meski-digabung-jadi-satu-2-sdn-di-semarang-ini-masih-kekurangan-siswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke