Salin Artikel

Indonesia Akan Bantu Timor Leste Menjadi Anggota Penuh ASEAN, Ini Upayanya

Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto Suryodipuro mengemukakan, Timor Leste saat ini masih harus memenuhi beberapa tahapan supaya bisa mendapat keanggotaan penuh.

Indonesia, kata dia, siap membantu Timor Leste memenuhi tahapan-tahapan itu.

"Indonesia tahun ini merencanakan akan membantu Timor Leste," ujar Sidharto, dalam jumpa pers di Labuan Bajo NTT, Senin (8/5/2023), seperti dilansir dari Antara.

Undang 30 pegawai negeri

Salah satu upayanya dengan mengundang sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Timor Leste untuk belajar di Indonesia.

"Sehingga kami akan mengundang 30 pegawai negeri sipil mereka untuk berpartisipasi di berbagai kementerian Indonesia yang akan menyelenggarakan (pertemuan soal) keketuaan (ASEAN)," ujarnya.

Menurutnya, beberapa pegawai Kementerian Luar Negeri Timor Leste nantinya akan magang di Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Pegawai kementerian-kementerian terkait di Timor Leste juga akan ditempatkan di beberapa kementerian Indonesia.

"Harapan kami ini akan membantu upaya mereka dan memahami berbagai kewajiban yang ada dalam perjanjian (ASEAN)," katanya.

Keanggotaan Timor Leste

Untuk diketahui, para pemimpin Asia Tenggara di Phnom Penh Kamboja pada November 2022, secara prinsip telah menyetujui menerima Timor Leste menjadi anggota ke-11 ASEAN.

Selanjutnya perwakilan Timor Leste diizinkan menghadiri pertemuan-pertemuan ASEAN dalam kapasitas sebagai pengamat (observer).

Termasuk hadir dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN pada Februari lalu.

Para Menteri Luar Negeri di ASEAN telah mengesahkan mandat berupa kelompok kerja di bawah Dewan Koordinasi ASEAN yang bertugas membahas roadmap untuk keanggotaan penuh Timor Leste.

Di KTT ASEAN Labuan Bajo tahun ini, keanggotaan Timor Leste akan menjadi salah satu topik yang dibahas.

Sumber: Antara

https://regional.kompas.com/read/2023/05/09/085017678/indonesia-akan-bantu-timor-leste-menjadi-anggota-penuh-asean-ini-upayanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke