Salin Artikel

Hati-hati, Ada Longsor di Km 56 Jalan Tol Tangerang Merak

SERANG, KOMPAS.com - Dinding Penahan Tanah (DPT) di jalan tol Tangerang-Merak Km 56 tepatnya di Desa Undar Andir, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten, longsor pada Kamis (4/5/2023) kemarin.

Meski terjadi longsor, pengelola tol paling ujung barat pulau Jawa itu memastikan masih aman dilalui kendaraan dan arus lalu lintas tak terganggu.

Kepala Departemen Manajemen CSR & Humas ASTRA Tol Tangerang Merak, Uswatun Hasanah mengatakan, setelah menerima laporan longsor, tim pemeliharaan melakukan penelusuran langsung ke lokasi.

Pengelola akhirnya berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWS C3), kontraktor pelaksana dan konsultan teknis.

"Berdasarkan observasi dan analisa potensi risiko untuk keamanan di jalan tol sampai saat ini, 3 lajur Jalan Tol Tangerang-Merak masih aman dilintasi oleh pengguna jalan," kata Uswah melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/5/2023) 

Agar longsor tak semakin parah, pengelola telah melakukan pengamanan dan penangan trafik darurat dengan penutupan di bahu jalan.

Selain itu, tim proyek pekerjaan pengendali banjir Sungai Ciujung juga telah meminta masyarakat untuk sementara waktu, jembatan untuk roda dua tidak dilintasi.

"Kami tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan baik pengguna jalan dan masyarakat," ujar Uswah.

Uswah menambahkan, longsor yang terjadi di sebagian timbunan oprit atau sebagian DPT Jembatan Ciujung itu diduga terjadi karena adanya pekerjaan pondasi pengendali banjir Sungai Ciujung.

"Sementara dilakukan proses penanganan longsoran oleh kontraktor pelaksana yang diawasi langsung oleh konsultan teknis," tandas dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/05/201856378/hati-hati-ada-longsor-di-km-56-jalan-tol-tangerang-merak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke