Salin Artikel

Jemaah Haji, Ini Tips Minum Air agar Terhindar dari Dehidrasi Tanpa Beser

KOMPAS.com - Cuaca di Arab Saudi saat musim haji mendatang diperkirakan sangat panas, bahkan bisa menyentuh 48 derajat celsius.

Untuk itu, jemaah haji diminta untuk menjaga kesehatan. Salah satunya dengan meminum air putih untuk menghindari dehidrasi.

Namun cara minum yang kurang tepat akan membuat seseorang beser. Kondisi ini akan menyulitkan jemaah haji mengingat toilet di masa puncak haji terbatas.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Liliek Marhaendro Susilo, membagikan tips untuk para jemaah haji, bagaimana mengatur minum untuk menghindari dehidrasi serta mencegah beser.

"Jangan minum sekaligus (akan beser), tapi minumlah sedikit air dalam waktu tertentu," ujar Liliek dalam Bimbingan Teknis Terintegrasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Misalnya, setiap satu jam satu teguk, sehingga dalam satu jam bisa 200 mililiter air.

Liliek juga menekankan pentingnya minum air putih. Apalagi tahun banyak jemaah haji lansia.

Untuk mengoptimalkannya, pemerintah menggerakkan petugas haji untuk mengampanyekan aksi minum tanpa menunggu haus serta minum obat secara teratur bagi jamaah haji berisiko kesehatan tinggi.

Liliek juga meminta petugas haji memantau kondisi kesehatan jamaah serta memperhatikan kondisi kesehatan jemaah haji dalam merencanakan kegiatan.

Selain itu, petugas kesehatan diminta memeriksa kesehatan jemaah haji minimal tiga kali sepekan.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/14/074832578/jemaah-haji-ini-tips-minum-air-agar-terhindar-dari-dehidrasi-tanpa-beser

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke