Salin Artikel

Tim Kampanye Jabar Tertibkan Poster Gambar Jokowi Tanpa Cawapres

Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Barat Dedi Mulyadi mengatakan, atribut kampanye Jokowi tanpa dibarengi calon wakil presiden Ma'ruf Amin adalah liar. Menurutnya, alat peragaan kampanye (APK) liar itu tersebar di seluruh daerah di Jawa Barat.

"Itu tidak dibuat oleh tim kampanye. Termasuk tidak dikeluarkan oleh DPP PDI-P. Itu liar," tandas Dedi kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (16/11/2018).

Dedi menyinyalir, atribut kampanye Jokowi sendiri itu dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan maksud kampanye hitam (black campaign).

Berdasarkan temuannya, orang-orang yang memasang atribut kampanye Jokowi tanpa cawapres itu diberi bayaran uang. Atribut tersebut dipasang juga di mobil-mobil angkutan kota di seluruh daerah di Jawa Barat.

"Setiap sopir diupah Rp 100.000 dipotong calo Rp 30.000. Upah itu untuk operasional menempelnya," kata Dedi.

Lanjut Dedi, atribut kampanye berupa poster dan baligo Jokowi tanpa cawapres itu dipasang hampir merata di seluruh Jabar.

Bahkan, kata dia, di Garut, atribut kampanye liar itu dipasang di tempat-tempat yang kurang sopan.

"Oleh karena itu, kami bersama tim kampanye daerah di Purwakarta dan tim kampanye dari PDI-P Purwakarta menertibkan atribut kampanye liar itu. Kegiatan ini sebagai contoh untuk diikuti oleh daerah lain," tandas Dedi.

Dedi juga menginstruksikan tim kampanye di daerah lain untuk menertibkan atribut kampanye liar tersebut.

Atribut kampanye yang dianggap liar itu sebelumnya juga terjadi di Jawa Tengah. Di sejumlah daerah di Jateng tersebar poster, baliho, dan stiker Jokowi berkostum mirip raja.

Pihak PDI-P Jateng pun menertibkan atribut kampanye yang dianggap bagian dari kampanye hitam itu.

https://regional.kompas.com/read/2018/11/16/10171951/tim-kampanye-jabar-tertibkan-poster-gambar-jokowi-tanpa-cawapres

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke