Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Depresi karena Sakit Tak Kunjung Sembuh, Nenek 60 Tahun Bunuh Diri

Kompas.com - 11/04/2017, 12:56 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SAMBAS, KOMPAS.com - Seorang ibu rumah tangga, LM (60), tewas setelah melukai lehernya sendiri dengan pisau di Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Senin (10/4/2017) siang.

Kepala Satuan Reskrim Polres Sambas AKP Raden Real mengungkapkan, aksi bunuh diri LM tersebut dilakukan di rumahnya sendiri menggunakan pisau yang biasa digunakan untuk memotong daging.

Berdasarkan keterangan suami korban, saat itu dia baru pulang dari kebun dan sesampainya di rumah, suaminya melihat korban sedang melukai lehernya sendiri dengan menggunakan pisau.

"Melihat kejadian tersebut, suami korban berusaha mencegah dan menolong korban," ungkap Raden, Selasa (11/4/2017).

Selanjutnya, sambung Raden, suami korban membawa istrinya ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan, namun nyawa korban tidak bisa diselamatkan. Suami korban kemudian melaporkan peristiwa tersebut kepada Polsek Tebas.

"Berdasarkan keterangan suaminya, korban sudah kurang lebih 20 tahun sakit-sakitan, yaitu sakit asma dan maag kronis. Diduga korban mengakhiri hidup karena tak sanggup lagi menahan rasa sakit yang dideritanya itu," tutur Raden.

 

Catatan:

Menghadapi seseorang yang punya kecenderungan bunuh diri, atau punya niat bunuh diri, pastinya tidak mudah. Tapi, jika kita melihat ada teman atau keluarga yang punya gejala mencurigakan, jangan berdiam diri.

Proses pemulihan adalah tanggungjawab dari psikolog dan psikiater. Karena itu, sedapat mungkin, cobalah bujuk atau rujuk orang yang kita curigai punya maksud bunuh diri, ke tenaga profesional.

(Baca selengkapnya: Baca: Kenali Tanda Seseorang Berniat Bunuh Diri dan Cara Mencegahnya)

Pada satu titik kehidupan, kadang kita merasa, teman dan kerabat tak ada yang bisa mengerti pikiran dan beban hidup kita. Sedih? Pastinya! Tapi, jangan berpikir untuk bunuh diri. Silakan kontak Into the Light untuk mendapat pendampingan sebaya:

Facebook: IntoTheLightID
Twitter: @IntoTheLightID
Email: intothelight.email@gmail.com
Web: intothelightid.wordpress.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com