Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Rusak, Kapal 17 Penumpang Terombang-ambing Selama Sepekan

Kompas.com - 07/04/2017, 10:10 WIB
Dani Julius Zebua

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Kapal Motor Nelayan Safina 02 ditemukan selamat setelah sempat dinyatakan hilang sepekan lalu. Safina 02 hilang dalam perjalanan dari Tolitoli, Sulawesi Tengah, menuju Batu Putih di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Sejumlah 12 penumpangnya dan 5 kru kapal dipastikan dalam kondisi baik dan selamat. Kapal kini sandar di pelabuhan rakyat Berbas Pantai di Kecamatan Bontang Selatan, Bontang.

Penumpang pun harus menjalani perawatan sementara di RS Bontang sebelum berlayar kembali.

"Tiba di Bontang Kamis (6/4/2017) jam 18.30. Seluruh penumpang selamat," kata Kepala Seksi Operasi Basarnas Balikpapan, Octavianto, dalam keterangan persnya, Jumat (7/4/2017).

Safina 02 berlayar dari Tolitoli ke Batu Putih pada hari Rabu (29/3/2017). Kapal ini membawa 17 orang, terdiri 9 perempuan, 7 laki-laki, dan 1 nahkoda dengan nama Elvin, 34 tahun. Di antara para penumpang itu ada 3 anak-anak usia 2-6 tahun.

Baca juga: 24 Nelayan Ditemukan Selamat Setelah Dua Hari Terombang-ambing di Laut Banda

Perjalanan seharusnya bisa kurang dari 3 hari. Namun, memasuki perairan Tanjung Mangkaliat sehari setelah keberangkatan, mesin kapal merek Yanmar 6 selinder mengalami kerusakan.

Upaya mengganti oli dan mengisi solar tidak berhasil. Safina 02 pun terapung dan terombang-ambing sampai Rabu (5/4/2017).

Dalam keputusasaan, mereka menemukan rumpon nelayan dan mereka mengikat kapal pada rumpon itu. Mereka berharap, pemilik rumpon menemukan Safina pada saatnya nanti.

Beruntung, pemilik rumpon datang dengan KM Mitra Abadi, Kamis pagi. Nahkoda Mitra Abadi memutuskan menarik Safina ke darat pada pukul 06.00.

Safina tiba Kamis petang di pelabuhan rakyat Berbas Pantai, Bontang Selatan.

"Semua penumpang langsung menjalani pemeriksaan dan perawatan," kata Octavianto.

Baca juga: Mesin Mati, Kapal 40 Penumpang Terombang-ambing di Laut Selama 3 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com