Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakim Kasus Ahok Dimakamkan di Magelang

Kompas.com - 16/02/2017, 19:35 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kedatangan jenazah Joseph V Rahantoknam disambut duka oleh keluarga dan kerabat di rumah duka di Perumahan Depkes Blok C-4/17, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (16/2/2017) sore.

Beberapa kerabat tampak menangis dan saling menguatkan.

Joseph adalah salah satu hakim yang menangani perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Joseph meninggal akibat komplikasi penyakit di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusomo (RSCM) Jakarta pada Rabu (15/2/2017) malam.

Baca juga: Seorang Anggota Majelis Hakim Kasus Ahok Meninggal Dunia

Belasan karangan bunga ucapan belasungkawa berjajar rapi di depan rumah duka, antara lain datang dari Keluarga Besar Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Daming Sunusi, Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia hingga Alumni UKSW 82.

Maskiyah, salah satu tetangga, mengaku kenal baik dengan almarhum Joseph, meskipun Joseph jarang pulang ke Magelang karena bertugas sebagai hakim di Jakarta.

"Orang baik, dengan tetangga juga baik. Kami biasa panggil beliau Pak Yos," katanya.

Selama menjadi hakim kasus dugaan penistaan agama, katanya, almarhum sempat pulang ke Magelang dan mengunjungi makam sang istri yang sudah meninggal terlebih dahulu beberapa tahun lalu.

"Selama jadi hakim Ahok, beliau sempat pulang dan nyekar ke makam Bu Yos (istri Joseph). Akhir-akhir ini beliau memang sakit jadi pas sidang Ahok beliau sempat digantikan," ujarnya.

Hakim Joseph V Rahantoknam meninggalkan putri semata wayang, Fitri Astuti (20). Joseph dimakamkan secara Islam di pemakaman keluarga di Kelurahan Potrobangsan, sekitar pukul 17.00 WIB.

Keluarga dan kerabat baik dari Jakarta maupun Ambon terus berdatangan melayat ke rumah duka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com