Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novel Isi Pembalut Wanita Buatan Mahasiswa Surabaya Ikut Kompetisi di Jepang

Kompas.com - 10/01/2017, 18:47 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Petra Surabaya mewakili Indonesia di ajang kompetisi desain kemasan tingkat mahasiswa di Jepang pekan depan. Mereka terpilih berkat inovasinya membuat kemasan produk pembalut wanita yang dibungkus dalam sebuah buku novel.

Kemasan yang diberi nama "This Pain is Temporary" itu dibuat oleh dua mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual,  Hana Setiono Oei dan Jovita Christina Tandono.

Pembalut wanita itu di kemas di sela-sela buku novel lima seri, untuk lima hari masa menstruasi.

"Di setiap buku diulas informasi seputar menstruasi. Misalnya di novel volume kedua, buku diberi judul 'You don’t Know Women', yang berisi informasi bahwa di hari kedua, perempuan akan merasakan perubahan secara fisik dan emosi," kata Hana Setiono Oei, Selasa (10/1/2017).

Dengan berbekal buku novel tersebut kata Hana, hari-hari wanita yang sedang datang bulan akan terasa nyaman.

"Tema desain novel ada dua, yakni hujan deras yang menggambarkan kondisi menstruasi, dan matahari terbit yang menggambarkan berakhirnya masa menstruasi," tambahnya.

Selain produk kemasan pembalut dalam novel, universitas Kristen Petra juga mengirim mahasiswanya di ajang yang sama dengan inovasi bernama "Sweet Tale", atau kemasan untuk manisan yang dibuat dengan desain atau tema cerita rakyat.

Kemasan itu sebagai upaya melestarikan cerita tradisional rakyat Indonesia yang penuh dengan pesan moral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com