Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan di Taiwan, TKW Asal Banyuwangi Koma Selama 5 Bulan

Kompas.com - 23/11/2016, 14:04 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Desi Ika Safitri (27), tenaga kerja wanita asal Kebun Kalirejo Kecamatan Glenmore, saat ini koma karena kecelakaan di Taiwan, 25 Juni lalu. Dia dirawat di RSUD Blambangan Banyuwangi.

Akibat kecelakaan tersebut, sebagian tempurung kepalanya harus diangkat. Perempuan kelahiran Banyuwangi 4 Desember tersebut sudah lima tahun bekerja di Taiwan dan tidak pernah pulang ke Indonesia dan keberangkatanya yang terakhir merupakan keberangkatannya yang kedua.

"Sebelumnya hanya 8 bulan terus kembali ke Indonesia karena majikannya meninggal.Waktu itu belum menikah dan setahun setelah menikah Desi berangkat lagi ke Taiwan.terakhir katanya kerja di pabrik," ujar Sukiye, ibu kandung Desi, Rabu (23/11/2016).

Dari cerita rekan anaknya, kecelakaan terjadi saat Desi jalan-jalan dan tertabrak taxi. Desi baru dipulangkan ke Indonesia oleh BNP2TKI pada Rabu (16/11/2016) setelah kondisinya sudah agak membaik dan langsung dirawat di ruang ICU RSUD Blambangan Banyuwangi.

"Tapi ya masih belum sadar belum diajak bicara. Matanya sih sudah gerak gerak saat nglihat saya," kata Sukiye dengan suara pelan.

Sementara itu, Taufik Hidayat, Kepala RSUD Blambangan, menjelaskan, setelah seminggu dirawat di Banyuwangi, kondisi Desi sudah mulai membaik. Alat bantu pernafasan selama di Taiwan juga sudah dilepas.

Saat di Taiwan, menurut Taufik, Desi sempat operasi tempurung kepala karena kemungkinan kondisi tempurungnya sudah hancur.

"Saat ini, kami fokus pada pemulihannya dulu termasuk fisioterapi. Nanti kedepannya kita akan buatkan tempurung kepala untuk Desi sebelah kiri depan," tutur Taufik.

Ketika Desi membuka mata, salah seorang perawat sempat membisikkan ke telinganya bahwa dia sudah berada di Indonesia. Saat itu, lanjutnya, Desi langsung mengeluarkan airmata dan menunjukkan kemajuan yang siginifikan.

"Dekat dengan keluarga semoga bisa mempercepat pemulihan Desi," pungkas Taufik.

Untuk pembiayaan selama di RSUD Blambangan, keluarga Desi sudah mengurusi BPJS Kesehatan yang juga telah diurus sebelum Desi dipulangkan ke Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com