Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanam Tiga Sel Telur, Seorang Ibu Lahirkan 4 Bayi Kembar

Kompas.com - 14/11/2016, 13:04 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan suami istri warga Surabaya melahirkan empat bayi kembar dalam persalinan operasi, Jumat (11/11/2016) lalu di rumah sakit Siloam, Surabaya. 

Kelahiran empat bayi kembar itu cukup mengejutkan pasangan Kristian Yofri dan Monique Livia, karena sel telur yang ditanam di rahim sang istri selama 36 pekan dalam program bayi tabung hanya tiga sel telur. 

"Ini anugerah, karena satu sel telur yang ditanam membelah secara alami menjadi dua," kata tim dokter spesialis kandungan yang mendampingi, dr Hendro Pramono, Senin (14/11/2016).

Kata Hendro, peristiwa kelahiran tersebut sangat jarang, karena ada satu sel yang membelah secara alami.

"Bisa jadi karena faktor keturunan, suami atau istri memiliki saudara kembar," terangnya. 

Keempat bayi tersebut berada di kantung rahim yang berbeda saat berada di dalam rahim ibunya, karena itu tidak memiliki potensi dempet tubuh. 

Saat dilahirkan, keempat bayi memiliki berat badan yang beragam. Bayi pertama yang lahir berjenis kelamin perempuan dengan berat badan 1.440 gram, bayi kedua perempuan dengan 1.600 gram, bayi ketiga laki-laki dengan 2.200 gram, dan bayi terakhir perempuan dengan berat 1.100 gram.

"Bayi pertama, kedua dan ketiga sudah bisa minum, bayi keempat belum bisa, dan masih mendapatkan bantuan pernapasan, karena fungsi jantungnya belum optimal," kata dr Agus Hariyanto, anggota tim yang juga spesialis bedah kembar siam di RSU dr Soetomo Surabaya. 

Kondisi kesehatan keempat bayi akan dipantau detik demi detik untuk memastikan bahwa keempatnya akan tumbuh sehat dan normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com