Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah "Speedboat" Tiba-tiba Meledak Saat Berlabuh

Kompas.com - 08/09/2016, 20:45 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE,KOMPAS.com - Sebuah speedboat milik Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Pemerintah Desa (BPMPPD) Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara tiba-tiba meledak saat berlabuh di kawasan dermaga Desa Wayo, Kecamatan Taliabu Barat, Kamis (8/9/2016).

Ledakan itu membuat warga yang tinggal di lokasi kejadian kaget. Warga yang melihat kebakaran itu hanya dapat menyaksikan dari kejauhan.

Ati, warga setempat menjelaskan, saat itu dirinya sementara duduk di sekitar pantai membersihkan ikan yang baru dibelinya. Tiba-tiba terdengar bunyi ledakan yang sangat kuat.

“Saya dengar ledakan itu besar sekali, saya kira sumbernya dari kompor padahal bukan,” katanya.

Ia baru mengetahui bahwa ledakan tadi adalah speedboat setelah mendengar teriakan dari warga dan melihat kepulan asap sudah membumbung tinggi.

”Usai ledakan itu tiba-tiba kumpulan asap mulai naik dan warga mulai berteriak adanya kebakaran speedboat,” ujarnya.

Ludin (33), saksi lainnya mengaku sebelum kebakaran sempat melihat sejumlah anak-anak bermain di sekitar speedboat. Tetapi dirinya tidak mengetahui kalau anak-anak itu bermain apa.

”Saya hanya melihat anak-anak bermain dan berenang di sekitar speedboat, setelah itu anak-anak sudah berlarian berteriak bahwa speed terbakar, namun saya juga belum dapat memastikan sumber api tersebut darimana,” ujarnya.

Beruntung saat kejadian itu tidak ada orang di dalam speedboat.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Pemerintah Desa Pemkab Pulau Taliabu, M. Syukur Boeroe saat dihubungi mengaku baru mengetahui peristiwa itu dari wartawan.

“Saya juga kurang tau, saya lagi pulang kampung akibat sakit, namun kerugian diperkirakan kurang lebih Rp 600 juta,” kata Syukur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com