Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Jalani Rehabilitasi, 4 Anggota Polisi di Jayapura Masih Gunakan Ganja

Kompas.com - 23/08/2016, 13:58 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Sebanyak empat dari 31 anggota polisi yang mengikuti rehabilitasi sejak 27 Juli 2016 lalu di Sekolah Polisi Negera Jayapura terindikasi masih menggunakan narkoba jenis ganja.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Jayapura, inisial empat anggota yang terindikasi masih menggunakan ganja selama menjalani rehabilitasi adalah He, Ah, As, dan Mn. Tiga orang berpangkat bintara, sedangkan satu lainnya berpangkat perwira pertama.

Kepala Sekolah Polisi Negara Jayapura Komisaris Besar Daniel Prio saat dikonfirmasi via telepon seluler membenarkan ada empat anggota polisi yang mengikuti rehabilitasi terindikasi masih menggunakan narkoba jenis ganja.

“Keempatnya terindikasi menggunakan narkoba jenis ganja berdasarkan hasil pemeriksaan urine beberapa hari lalu,” kata Daniel.

Ia menuturkan, pimpinan Polda Papua akan mengelar rapat terkait temuan anggota yang masih menggunakan narkoba meskipun telah menjalani rehabilitasi di SPN Jayapura.

“Apabila kegiatan rehabilitas dinilai kurang efektif untuk membina mereka, maka pimpinan akan mengambil tindakan lain berdasarkan hasil rapat. Kemungkinan besar mereka bisa mendapatkan sanksi pemecatan karena mengulangi kesalahan yang sama. Namun, semua keputusan berada di tangan Kapolda Papua,” tutur Daniel.

Ia pun menyatakan, pengawasan anggota yang menjalani rehabilitasi di SPN Jayapura tidak berjalan selama 24 jam. Namun, lanjut Daniel, pihaknya telah berupaya optimal untuk mencegah 31 anggota itu kembali terjerat dalam penggunaan narkoba.

“Kami memberikan kebebasan bagi 31 anggota yang menjalani rehabilitasi untuk bertemu keluarganya setiap Sabtu. Kemungkinan besar oknum-oknum yang terlibat kembali pemakaian narkoba terjadi di luar lingkungan SPN,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengakui telah mengetahui adanya sejumlah oknum anggota yang menjalani program rehabilitasi masih terlibat pemakaian narkoba.

“Saya sudah mengecek langsung seluruh anggota yang mengikuti program rehabilitasi. Infonya mereka masih menggunakan narkoba pada empat hari yang lalu,” tutur Paulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com