Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

285 Calon Jemaah Haji Lansia Langsung Terbang ke Madinah

Kompas.com - 10/08/2016, 12:00 WIB
Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Sebanyak 285 calon jemaah haji asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, diberangkatkan secara resmi oleh Bupati Pinrang Andi Aslam Patongani di Masjid Agung Al Munawir, Pinrang, Sulawesi Selatan, Rabu (10/8/2016).

Selain mendapat pelayanan ekstra selama dalam perjalanan, jemaah dalam kloter dua embarkasi ini akan langsung diterbangkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, ke Madinah.

Ke-285 calon jemaah haji ini mayoritas adalah jemaah lansia yang diprioritaskan keberangkatannya.

Ribuan keluarga calon jemaah haji berbondong-bondong melepas keluarga mereka ke tanah suci.

Andi Aslam berpesan agar calon jemaah haji tetap menjaga kekompakan selama dalam perjalanan hingga kembali ke Tanah Air. Dia juga meminta panitia haji, petugas kesehatan dan pembimbing haji yang mendampingi para jemaah dalam perjalanan untuk memperioritaskan jemaah haji yang berusia lanjut.

“Saya sudah minta panitia, pembimbing haji dan petugas kesehatan agar para jemaah lansia ini mendapat pelayanan lebih selama dalam perjalanan hingga kembali ke Tanah Air. Dan kita bangga karena jemaah pinrang tidak perlu ke Jeddah tetapi langsung ke Madinah sehingga jemaah tak perlu lelah dalam perjalanan darat dari Jeddah ke Madinah,” ujar Andi.

Data Kementerian Agama Kabupaten Pinrang mencatat, 285 calon jemaah haji asal Kabupaten Pinrang yang diberangkatkan dalam gelombang pertama hari ini terdiri dari 68 laki-laki dan 217 perempuan.

Jemaah dan panitia berangkat menggunakan 9 bus. Koper dan barang-barang diangkut oleh satu truk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com