Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik, Kemacetan Parah Masih Terjadi di Jalur Gentong

Kompas.com - 10/07/2016, 10:50 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Jumlah kendaraan arus balik melonjak di jalur Selatan Jawa Barat via Gentong, Tasikmalaya, sampai Minggu (10/7/2016) siang.

Kemacetan parah terjadi sampai puluhan kilometer mulai dari Jalan Layang Rajapolah sampai ke arah Gentong-Limbangan menuju Nagrek, Bandung.

Antrean kendaraan masih didominasi motor dan mobil pribadi bernomor polisi daerah Bandung dan Jakarta.

Terpantau, antrean kendaraan nyaris tak bisa bergerak mulai dari simpang Rajapolah yang menghubungkan arus dari Jawa Tengah via Ciamis dan Kota Tasikmalaya. Selain mobil tak bisa bergerak sesekali gerombolan motor pemudik pun harus antre karena kemacetan sejak tadi pagi.

"Macet tadi mulai di Cihaurbeuti, Ciamis. Biasa sampai Rajapolah setengah jam sampai. Tadi saya sampai 5 jam baru sampai sini," ungkap Broto Kusmono (47), pemudik asal Yogyakarta yang memilih pulang ke Jakarta via Jalur Selatan Jawa Barat.

Broto awalnya mengira jalur Selatan via Tasikmalaya akan lengang karena sudah ada Tol Cipali. Kepadatan kendaraan mulai dirasakannya saat memasuki daerah Banjar-Ciamis-Tasikmalaya menuju Gentong dan Limbangan, Garut.

Dia pun hanya pasrah dengan kemacetan ini dan berharap segera sampai ke Pintu Tol Cileunyi, Bandung.

"Kalau kemarin arus mudik lihat di berita jalur Selatan via Tasik ini lancar. Tapi arus balik sekarang macet begini. Saya hanya berharap bisa cepat sampai ke tol di Bandung," ungkap Broto.

(Baca juga: Jalur Tasik-Gentong Menuju Bandung Macet Puluhan Kilometer )

Sementara itu, Ade Munandar (28), pemudik motor asal Tasikmalaya yang akan bekerja kembali ke Jakarta mengaku kemacetan di jalur Rajapolah-Gentong masih bisa dilalui. Namun, sesekali dirinya harus berhenti untuk antre karena padatnya jalur oleh mobil dan motor.

"Kalau motor masih bisa menyelip pa. Tapi tetap saja beberapa kali tadi berhenti karena tak bisa lewat dan harus menunggu petugas polisi membuka jalur," kata dia.

Sampai berita ini diturunkan, antrean kendaraan di jalur Tasikmalaya-Garut via Gentong masih terjadi. Kepadatan kendaraan terlihat bertambah dari arah arah Ciamis-Banjar menuju Gentong.

(Baca juga: Gentong Macet Parah, Kendaraan Dialihkan via Jalur Alternatif Singaparna-Garut Kota)

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com