Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesi Waisak di Candi Borobudur Dikawal 3.800 Polisi

Kompas.com - 20/05/2016, 07:31 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Sabanyak 3.800 personel polisi disiagakan untuk mengamankan rangkaian kegiatan Tri Suci Waisak 2560 BE, di Candi Borobudur Magelang, dan sekitarnya.

Ribuan polisi yang diterjunkan itu terdiri dari berbagai satuan, mulai dari Brimob, Shabara, Dalmas, Satuan Lalu lintas, Densus dan Gegana.

"Pengamanan dilakukan pada setiap aktivitas Wasiak, mulai pengambilan air suci, pengambilan api abadi, kirab dan lainnya," kata Kepala Polisi Daerah Jawa Tengah Irjen Polisi Condro Kirono, Kamis (19/5/2016).

Menurut Condro, Waisak merupakan momentum penting bagi umat Buddha dan masyakarat sekitar sehingga sangat perlu adanya pengamanan.

Diharapkan, seluruh kegiatan hari besar umat Buddha ini dapat berjalan lancar dan aman.

"Pengunjung yang datang ke Candi Borobudur juga perlu dilakukan pengamanan supaya mereka nyaman dan tertib," ucap Condro.

Lanjut Condro, pengamanan tidak hanya difokuskan di Candi Borobudur saja, tetapi juga di daerah lain, yakni di Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung yang menjadi lokasi pengambilan air suci.

Lalu di kawasan Jalan Pemuda (Pecinan) Kota Magelang yang dipakai untuk tradisi Pindapata, dan terakhir di Kabupaten Grobogan sebagai lokasi pengambilan api abadi.

Kepala Polres Magelang AKBP Zain Dwi Nugroho menambahkan, untuk Tri Suci Waisak tahun ini, pihaknya menerjunkan sekitar 1.504 personel. Semua personel disiagakan di titik-titik yang dipakai untuk prosesi kegiatan Waisak.

Terlebih Wakil Presiden Jusuf Kalla dipastikan akan menghadiri Dharmasanti Waisak di Candi Agung Borobudur, Sabtu (21/5/2016) malam.

"Baik dari Polda Jawa Tengah maupun Polres Magelang sudah ada ploting yang nantinya akan disiagakan. Di Magelang sendiri fokus di Candi Mendut dan Candi Borobudur," ujar Zain.

Zain menjelaskan, pihaknya telah mendirikan dua posko pengamanan di dua kawasan itu. Sejak beberapa waktu lalu, jajarannya juga sudah mulai melakukan sterilisasi di lokasi-lokasi utama pelaksanaan Waisak, seperti melakukan razia kendaraan hingga razia hotel, tempat hiburan dan peneritiban pedagang kaki lima (PKL).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com